Harga Daging Mengalami Kenaikan Jelang Hari Raya Idul Fitri

Harga Daging Mengalami Kenaikan Jelang Hari Raya Idul Fitri
Harga Daging Mengalami Kenaikan Jelang Hari Raya Idul Fitri. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.ID – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024, beberapa bahan pangan dan pokok mengalami kenaikan harga. Salah satunya harga daging sapi segar yang ada di Pasar Rakyat Aurduri Kota Jambi yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Pada saat ini, harga daging sapi segar mencapai Rp.150 ribu Per Kilogram. Sementara sebelumnya daging sapi segar hanya berada di harga Rp.140 ribu Per Kilogram.

Kenaikan harga daging sapi segar diperkirakan akan terus melonjak hingga mencapai Rp.160 ribu Per Kilogram. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan dan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan lebaran 2024.

Kemudian, pada komoditi daging ayam boiler juga mengalami lonjakan harga yang mencapai Rp.35 ribu Per Kilogram. Sementara itu, harga sebelumnya hanya berkisar Rp.34 ribu dan dengan kenaikan harga ayam sebesar Rp.1000.

Seorang pedagang di Pasar Rakyat Aurduri, Wiwit mengatakan bahwa terjadinya beberapa kenaikan harga pangan dan pokok kemungkinan disebabkan oleh keperluan saat perayaan momen hari raya Idul Fitri 1445 H.

”Ya mungkin karena sudah dapat THR (Tunjangan Hari Raya),” sebutnya penyebab terjadinya kenaikan harga, seperti dikutip via youtube Jek Tv.

Wiwit juga memperkirakan bahwa beberapa harga bahan pangan dan pokok akan terus meningkat menjelang hari perayaan Idul Fitri tiba. Hal itu juga sudah menjadi hal yang wajar, sebab momen ini menjadi perayaan masyarakat terkhususnya umat Islam.

” Kenaikan yang akan terjadi tipis lah (harga pangan dan pokok), abis lebaran akan kembali normal,” tutur Wiwit.

Sementara untuk harga bahan pokok lainnya masih relatif stabil, seperti beras di harga Rp15.000 per kg, cabai merah Rp35.000 per kg, bawang merah Rp40.000.

Perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 juga diperkirakan akan jatuh tepat pada 10 April 2024. Diketahui momen ini merupakan hari spesial bagi masyarakat muslim, sebab Idul Fitri merupakan perayaan hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Momen perayaannya pun sangat identik dengan suguhan beragam makanan maupun hidangan sebagai bentuk perayaan. Hal itulah yang menyebabkan permintaan masyarakat meningkat pada saat mendekati perayaan hari raya Idul Fitri.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *