Pemprov Jambi Ikuti Apel Siaga Pasokan Pangan HBKN 2024 Secara Daring

Pemprov Jambi Ikuti Apel Siaga Pasokan Pangan HBKN 2024 Secara Daring
Pemprov Jambi Ikuti Apel Siaga Pasokan Pangan HBKN 2024 Secara Daring. Foto: instagram/@diskominfojambi

DRADIO.ID – Dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri Tahun 2024, serta menjaga stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (PSHP) Badan Pangan Nasional melaksanakan apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan periode HBKN jelang idul Fitri tahun 2024.

Apel tersebut juga diikuti oleh pemerintah provinsi Jambi secara virtual yang bertempat di Pendopo Kantor Gubernur Jambi, Senin (1/4/2024).

Badan Pangan Nasional melaksanakan apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan periode HBKN jelang perayaan Idul Fitri tahun 2024 antara lain melalui kegiatan gerakan pangan nasional, serta dinas yang menangani urusan pangan di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota secara Hiybrid Ofline dan Online.

Provinsi Jambi dalam hal ini diikuti oleh wakil gubernur Jambi Abdullah Sani turut didampingi kepala Dinas Ketahanan Pangan provinsi Jambi Ismed Wijaya, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Kemas Fuad, Karo Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda provinsi Jambi johansyah, Kepala Bank Indonesia Jambi Warsono, serta instansi terkait lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi dilaksanakannya Gerakan Pangan Murah ini, yang merupakan upaya untuk untuk memberikan keringanan kepada masyarakat, terutama jelang Idul Fitri, Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), yakni dengan menyediakan pangan dengan harga yang lebih murah daripada harga pasar,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani Buka Gelaran Gerakan Pangan Murah
Abdullah Sani, Wakil Gubernur Jambi.

Sani berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pokok menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445.

“Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota bekerja sama dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan dan pihak terkait, baik instansi pemerintahan maupun swasta, berupaya untuk menyediakan pangan dengan harga yang lebih murah, dan menjadi gerakan serentak secara nasional se-Indonesia,” jelas Wagub Sani.

“Kita berupaya secara maksimal dan berharap agar inflasi tetap terkendali, yang hanya bisa terwujud dengan sinergi dan kolaborasi yang baik kita semua,” lanjut Sani.

Pada kesempatan tersebut Wagub Sani juga mengimbau dan mengajak masyarakat Provinsi Jambi untuk berbelanja secara bijak, berbelanja sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, tidak perlu menimbun. “Yakinlah bahwa kesediaan pangan kita cukup untuk mempersiapkan diri supaya lebih tenang untuk melaksanakan ibadah Idul Fitri serta silaturahmi dalam rangka Idul Fitri 1445 H/2024 M,” pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut mendengarkan paparan dari Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo, penyampaian oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Mentri Perdagangan Zulkifli Hasan dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan ini juga dirangkai bersamaan dengan pelaksanaan gerakan pangan murah, dimana pemerintah menyediakan produk meliputi beras SPHP, cabai, bawang merah dan bawang putih, minyak goreng, telur ayam, tepung, gula pasir, makanan olahan dan hasil pertanian.

Selain memenuhi kebutuhan pokok, pada GPM juga akan disediakan penukaran uang pecahan yang bekerjasama dengan pihak BI Jambi.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *