Proses Pengurusan Duplikat STNK di Wilayah Kota Jambi

Proses Pengurusan Duplikat STNK di Wilayah Kota Jambi
Proses Pengurusan Duplikat STNK di Wilayah Kota Jambi. Dok. Disway.id

DRADIO.ID – Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dalam dunia kendaraan bermotor di Indonesia.

STNK tidak hanya sekedar menjadi bukti bahwa kendaraan telah terdaftar secara resmi, tetapi juga memberikan informasi penting tentang identitas pemilik, spesifikasi kendaraan, serta informasi administratif lainnya yang berkaitan dengan kepemilikan dan status legal kendaraan.

Kehilangan duplikat surat tanda nomor kendaraan merupakan situasi yang cukup mengganggu dan berpotensi menimbulkan berbagai masalah administratif. Ketika seseorang kehilangan duplikat STNK, prosesnya menjadi rumit karena memerlukan waktu dan upaya tambahan untuk mengurus penggantian dokumen tersebut di kantor Samsat. Selain itu, kehilangan duplikat surat penting kendaraan motor ini juga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti berkendara atau melakukan transaksi terkait kendaraan.

AKP Adi Siswanto, yang menjabat sebagai Paur STNK Ditlantas Polda Jambi, memberikan penjelasan mengenai proses pengurusan jika masyarakat kehilangan duplikat surat tanda nomor kendaraan di wilayah Samsat Kota Jambi. Menurutnya, “prosedur tersebut meliputi dua langkah utama. Pertama, masyarakat harus membuat surat kehilangan yang diterbitkan oleh pihak kepolisian dan membawa kendaraannya untuk dilakukan cek fisik di Samsat setempat yang menerbitkan STNK tersebut, serta membawa fotokopi BPKB untuk pendaftaran. Kedua, proses pengurusan kehilangan duplikat STNK harus dilakukan secara langsung di Samsat, tidak dapat dilakukan secara daring karena diperlukan kehadiran kendaraan untuk dilakukan cek fisik nomor rangka,” terangnya.

AKP Adi Siswanto, Paur STNK Ditlantas Polda Jambi.

Beliau juga menambahkan “Jika kehilangan duplikat STNK terjadi di luar wilayah kita, kita dapat meminta surat kehilangan dari wilayah dimana kehilangan terjadi. Namun, proses penggantian STNK tetap harus dilakukan di SAMSAT yang mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan tersebut. Tidak ada batasan waktu untuk mengurus penggantian STNK yang hilang, oleh karena itu lebih baik segera melakukan proses tersebut setelah mengetahui kehilangan terjadi.” Ujar Adi Siwanto.

Kehilangan duplikat surat yang penting ini bisa menjadi masalah serius, memerlukan waktu dan usaha tambahan untuk penggantian di kantor Samsat, serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada batasan waktu untuk mengurus penggantian surat tanda nomor kendaraan yang hilang, oleh karena itu, segera mengambil langkah setelah mengetahui kehilangan terjadi.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *