Jokowi Pastikan Kesiapan RSUD Jambi Untuk Penyediaan Alat Kesehatan

Jokowi Pastikan Kesiapan RSUD Jambi Untuk Penyediaan Alat Kesehatan
Jokowi Pastikan Kesiapan RSUD Jambi Untuk Penyediaan Alat Kesehatan. Foto: Instagram/@kemensetneg.ri

DRADIO.ID – Agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jambi bukan hanya memantau kestabilan harga pangan dan pokok untuk masyarakat, namun juga melihat bagaimana kesiapan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jambi.

Hal ini sangat penting dilakukan, karena masyarakat Jambi harus memiliki fasilitas dan layanan kesehatan yang lengkap untuk masyarakat.

Pada Rabu (3/4/2024), Presiden Jokowi berkunjung ke RSUD Sultan Thaha Saifuddin yang ada di Kabupaten Tebo. Menurutnya, dari segi tata ruang rumah sakit tersebut terbilang cukup baik dan bagus.

“Kenapa kita ke sini? Karena kita ingin mengirimkan CT Scan, Mamografi, Cath Lab, tahun ini. Sehingga, persiapan di sini harus lengkap,” ungkapnya via youtube Sekretariat Presiden.

Kunjungan RI 1 ini, didampingi langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Pj. Bupati Tebo Varial Adhi Putra dan Direktur RSUD Sultan Thaha Saifuddin dr. Oktavienni.

Presiden Jokowi saat mengunjungi RSUD Sultan Thaha Saifuddin di Kabupaten Tebo, Jambi. Source: Instagram/@kemensetneg.ri

“Karena ini alat-alat gede (besar) yang butuh listrik, butuh ruangan, butuh dokter spesialis yang bisa mengelola ini, sehingga saya datang dan ingin memastikan dan saya lihat di sini siap,” terang Jokowi.

Saat ditanyakan pemerataan tenaga kesehatan, Jokowi menjawab untuk RSUD Sultan Thaha Saifuddin tidak ada masalah, namun hanya kekurangan untuk dokter spesialis jantung.

Keesokan harinya, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungannya ke RSUD H. Hanafie Muaro Bungo di Kabupaten Bungo, Kamis (4/4/2024).

Berbeda dengan RSUD di Tebo sebelumnya, RSUD H. Hanafie peralatan dan fasilitas kesehatannya lebih lengkap. Hanya saja terdapat kekurangan untuk MRI yang akan segera di lengkapi tahun ini.

“Yang kedua, yang masih kurang di sini memang kamar tempat tidur. Sehingga, perlu dibangun lagi untuk menambah kapasitas dari tempat tidur yang ada,” ucap Jokowi.

Hal yang menjadi kekurangan di RSUD H. Hanafie Bungo harus segera dipenuhi dan ditingkatkan, karena pelayanan rumah sakit ini juga harus melayani masyarakat Damasraya, Merangin, Tebo dan wilayah sekitarnya.

“Ya untuk pembangunannya saya sudah perintahkan ke Kementerian PU, nanti kirim tim ke sini. Karena DED (Detail Engineering Design)-nya sudah ada, apakah perlu direvisi atau diulang DED-nya? nanti lihat setelah ada tim yang akan masuk ke lapangan,” jelas Jokowi.

“Ini kita konsentrasi di alkes-nya (alat kesehatan), kemudian karena di sini tempat tidurnya kurang, ruangannya kurang sehingga konsentrasi juga di pembangunan gedung untuk menambah ruangan, sehingga tempat tidur menjadi bertambah,” tambahnya.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Source: Instagram/@kemensetneg.ri

Dalam peninjauan ke RSUD H. Hanafie Muara Bungo, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Bungo Mashuri dan Direktur RSUD H. Hanafie dr. Edi Mustafa.

Dengan peninjauan ke beberapa RSUD di Jambi, pemerintah berupaya untuk memastikan kesiapan pihak rumah sakit memiliki ruangan yang mencukupi dan sesuai standar terhadap alat kesehatan yang akan didistribusikan pada tahun ini.

Hal ini juga merupakan kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang baik serta lengkap kepada masyarakat.

Sehingga, masyarakat yang ada di daerah-daerah seperti di Jambi tidak perlu repot atau khawatir jika ingin melakukan pengobatan maupun perawatan kesehatan. Kehadiran RSUD setempat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat, tanpa perlu jauh-jauh ke luar daerah.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *