Polda Jambi Musnahkan BB Narkotika Dengan Nilai Rp. 30 Miliar

Polda Jambi Musnahkan BB Narkotika Dengan Nilai Rp. 30 Miliar
Polda Jambi Musnahkan BB Narkotika Dengan Nilai Rp. 30 Miliar. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDPolda Jambi melalui Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) melakukan pemusnahan barang bukti (BB) narkotika bertempat di Lapangan Hitam Mapolda Jambi, Kamis (28/3/2024).

Dalam kegiatan musnahkan BB narkotika ini merupakan pengungkapan kasus yang dilakukan rentang waktu bulan Februari hingga Maret 2024.

Dalam kurung waktu tersebut, terdapat 6 laporan polisi (LP) dan sebanyak 9 tersangka yang telah diamankan oleh pihak Ditresnarkoba Polda Jambi.

Dirresnarkoba Polda Jambi AKBP Ernesto Saiser menyampaikan, total sitaan barang bukti narkotika yang dimusnahkan diantaranya Sabu seberat 20,7 kg, Pil Ekstasi sebanyak 10.320 butir, dan Tablet yang mengandung Methamphetamine sebanyak 510 butir.

“Ini kalau dikalkulasikan ini seharga hampir Rp. 30 M, kemudian jiwa yang kita selamatkan dari misalnya kita analogikan 1 butir satu orang pakai, sabu satu orang atau empat orang pakai itu sekitar 114.512 orang yang kita selamatkan dengan barang bukti ini,” ungkapnya.

Pengujian zat dari barang bukti Narkotika.

AKBP Ernesto juga menyampaikan, pengungkapan kasus ini turut membantu penghematan uang negara dalam proses rehabilitasi itu mencapai Rp. 500 Miliar, apabila narkotika tersebut sampai lolos ke masyarakat.

“Ini dimusnahkan ini kan ada alat pembakar, jadi barang (BB Narkotika) yang masuk itu habis dia,” jelas AKBP Ernesto.

AKBP Ernesto Saiser, Dirresnarkoba Polda Jambi.

Metode dalam musnahkan BB narkotika ini menggunakan mobil yang memiliki alat pembakar, sehingga narkotika akan dimasukkan dan dibakar habis serta mengeluarkan asap. Alat ini merupakan fasilitas yang dimiliki oleh pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi.

Pemusnahan ini bertujuan agar seluruh sitaan barang bukti narkotika tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ditresnarkoba Polda Jambi juga terus berupaya dalam mengungkap dan memberantas peredaran narkotika, terutama di wilayah provinsi Jambi.

Sehingga, ditekankan program gerakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika) kepada masyarakat dalam upaya memerangi segala tindak peredaran narkotika.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Gubernur Jambi atau yang mewakili, Kepala BNNP Jambi, Danrem 042 Gapu Jambi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi, Kepala BPOM Jambi, Kepala Dinkes Jambi, serta perwakilan pihak terkait lainnya.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *