Pemkot Jambi Bersama Kemendagri Tetapkan RKPD 2025

Pemkot Jambi Bersama Kemendagri Tetapkan RKPD 2025
Pemkot Jambi Bersama Kemendagri Tetapkan RKPD 2025. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDPemerintah Kota (pemkot) Jambi melaksanakan kegiatan asistensi dan supervisi penyelenggaraan urusan daerah bertempat di Aula Bappeda Kota Jambi, Rabu (20/3/2024).

Dalam kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pejabat (Pj) Walikota Jambi.

Hal ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi urusan permasalahan pemerintahan, karena diketahui dalam bulan ini Pemkot Jambi akan menyelesaikan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Pj. Walikota Jambi, Sri Purwaningsih menyampaikan bahwa RKPD tersebut nantinya akan dijadikan landasan untuk kepala daerah yang terpilih nanti.

“Tujuan dari pertemuan kita hari ini adalah untuk melakukan sinkronisasi urusan pemerintahan. Sama-sama kita ketahui bahwa bulan ini adalah bulan-bulan kita menyelesaikan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD 2025), dan juga diikuti dengan Renja (rencana kerja) perangkat daerah masing-masing OPD,” ungkap Sri Purwaningsih.

“RKPD 2025 itu nanti kan menjadi acuan bagi kepala daerah yang baru nanti, walikota yang baru nanti. Oleh karena itu, supaya arah kebijakan pemerintah kota Jambi ini benar-benar selaras dan sinkron dengan arah kebijakan nasional,” lanjutnya

Gelaran asistensi dan supervisi oleh Pemkot Jambi.

Kemudian, dalam pembahasan RKPD terdapat 5 hal dan 8 urusan terkait sinkronisasi urusan pemerintah daerah (SUPD) IV yang akan dipandu langsung oleh Ditjen Bina Bangda Kemendagri beserta tim yang memberikan asistensi dan supervisi urusan daerah Pemkot Jambi.

“Saya bahagia sekali karena niat baik ini pas momentum yang tepat dan saya tahu teman-teman dari Kementerian Dalam Negeri itu tidak mudah untuk menyiapkan waktu kompak semua untuk keluar daerah seperti saat ini,” ungkap Sri.

Ungkapan tersebut disampaikannya berdasarkan pengalaman Sri Purwaningsih yang pernah menjabat di Kemendagri sebelum ia dilantik menjadi Pj. Walikota Jambi.

“Saya saja kalau di Ditjen Bangda mau mencari satu per satu dari tim itu kadang-kadang susah lengkapnya, ini alhamdulillah pak Plh Direktur komplit timnya bisa hadir ke Kota Jambi ini,” pungkas Sri.

Sementara itu, hasil kegiatan penetapan RKPD 2025 ini akan menjadi masukan dan bahan evaluasi bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan pusat dan pemerintah Kota Jambi selama waktu mendatang.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *