Penyesuaian Ibadah Ramadhan 1445 H, Pemprov Jambi Kurangi Jam Kerja ASN

Penyesuaian Ibadah Ramadhan 1445 H, Pemprov Jambi Kurangi Jam Kerja ASN
H. Sudirman, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi. Foto: Jambitv.co

DRADIO.ID – Memasuki bulan suci ramadhan 1445 Hijriah pada 12 Maret 2024, seluruh umat muslim akan menjalani ibadah puasa. Pada pelaksanaan ibadah ini merupakan menahan hawa nafsu, seperti makan, minum, kesabaran dan lainnya selama satu bulan penuh.

Walaupun demikian, masyarakat tetap melakukan dan menjalani rutinitas bekerja seperti biasa. Hal ini juga diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang tetap mempekerjakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) selama ibadah puasa ramadhan berlangsung.

Namun, pemprov Jambi memberikan pengurangan jam kerja kepada para ASN dengan durasi 7 jam 30 menit. Hal itu termuat dalam surat edaran (SE) mengenai jam kerja pegawai aparatur sipil negara (ASN) selama bulan ramadhan 1445 hijriah.

Dilansir dari Jambi-Independent, edaran tersebut ditujukan kepada Bupati dan Walikota, Kepala perangkat daerah pemerintah, serta kepala kantor wilayah Kementerian/lembaga non kementerian/lembaga lainnya di wilayah kerja Provinsi Jambi.

Sekda Provinsi Jambi, Sudirman meyakinkan bahwa ketetapan ini tidak akan menghambat jalannya penyelenggaraan penerintah dan pelayanan publik.

“Untuk aktivitasnya seperti biasa, tidak boleh bermalas-malasan walaupun bulan puasa. Ada pengurangan jam kerja, ada pengurangan juga pada jam istirahat,” ungkap Sekda Sudirman, dikutip via Jambitv.co.

Dengan begitu, selama ramadhan 2024 ini seluruh ASN pada lingkup pemprov Jambi akan memiliki jam kerja selama 5 hari, mulai pukul 07.30 – 15.00 WIB.

Penetapan tersebut juga telah ditandatangani oleh Sekda Sudirman yang termuat pada SE nomor 2715/SE/BKD-5.3/III/2024.

Kemudian, untuk kegiatan apel senin dan apel pagi setiap hari ditiadakan, kecuali untuk upacara hari besar nasional yang telah ditentukan.

Penyesuaian jam kerja selama ramadhan ini, diharapkan akan memberikan pegawai ASN dapat lebih mudah menjalankan dan melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan khusyuk.

Pulang kerja lebih cepat juga bertujuan agar para ASN dapat berkumpul bersama keluarga saat berbuka puasa dan menunaikan ibadah shalat tarawih.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *