Akhirnya! Rekapitulasi KPU Sarolangun Disahkan Oleh KPU Provinsi Jambi

Akhirnya! Rekapitulasi KPU Sarolangun Disahkan Oleh KPU Provinsi Jambi
Akhirnya! Rekapitulasi KPU Sarolangun Disahkan Oleh KPU Provinsi Jambi. Source: Tangkapan layar Youtube KPU Provinsi Jambi

DRADIO.ID – Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi akhirnya menyelesaikan seluruh proses rekapitulasi di 11 tingkat Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi, Rabu (13/3/2024).

Hal ini ditandai dengan pengesahan hasil rekapitulasi dari KPU Kabupaten Sarolangun sekitar pukul 15.13 WIB melalui live streaming Youtube KPU Provinsi Jambi. Pengesahan ini dilakukan oleh Anggota KPU Provinsi Jambi, Fahrul Rozi yang bertindak sebagai pimpinan rapat pleno terbuka.

“Ini yang dibacakan ini adalah hasil semua perbaikan atas saran dan masukan dengan melakukan proses penyandingan yang sudah kita lakukan bersama-sama dan terbuka,” ucap Fahrul Rozi selaku pimpinan rapat.

“Untuk kabupaten Sarolangun bismillahirrahmanirrahim, sah,” lanjutnya.

Walaupun sudah dilakukan pengesahan, namun ini hanya pada penyandingan data hasil rekapitulasi. Sehingga, KPU Sarolangun juga tetap harus menjelaskan penggunaan data dari pemilih seperti 10 Kabupaten/Kota lainnya.

Penyelesaian proses ini dilakukan setelah adanya perpanjangan rapat pleno selama tiga hari. Sehingga, dari penetapan sebelumnya rapat direncanakan mulai tanggal 8 hingga 10 Maret 2024. Namun, setelah adanya perpanjangan rapat pleno harus dilanjutkan hingga tanggal 13 Maret 2024.

Proses penyandingan data ulang rekapitulasi suara oleh KPU kabupaten Sarolangun.

Hal ini dikarenakan adanya proses rekapitulasi ulang hasil suara dari KPU Kabupaten Sarolangun. Proses rekapitulasi ulang langsung dibacakan pada rapat pleno terbuka KPU Provinsi Jambi dan memerlukan waktu selama tiga hari dua malam.

Pada awalnya, rekapitulasi ulang untuk KPU kabupaten Sarolangun disebabkan adanya protes dari saksi partai politik.

Saksi PDIP, Akmaluddin menyampaikan bahwa ada kecurigaan terhadap data hasil rekapitulasi suara dari KPU Sarolangun dengan data yang dimiliki para saksi partai politik.

Kemudian, dengan keputusan bersama dalam rapat pleno ini rekapitulasi ulang hasil suara dari KPU Kabupaten Sarolangun dilakukan. Proses ini dilakukan pada 87 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kecamatan, diantaranya Sarolangun, Pauh, dan Pelawan.

Setalah ini rapat pleno akan dilanjutkan dengan pembacaan rekapitulasi perhitungan suara pemilu serentak 2024 secara keseluruhan untuk tingkat provinsi Jambi. Dengan begitu, rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi Jambi diperkirakan akan usai pada 14 Maret 2024 pukul dini hari.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *