Jenis Makanan Yang Ampuh Menghilangkan Stres

Jenis Makanan Yang Ampuh Menghilangkan Stres
Jenis Makanan Yang Ampuh Menghilangkan Stres. Ilustrasi: Disway.id

DRADIO.ID – Stres merupakan hal yang sering dialami oleh manusia, umumnya disebabkan beberapa hal yang membuat tertekan. Merasakan suatu kegelisahan, kemurungan, keputusasaan serta kesedihan.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya rasa stress, seperti beban pekerjaan, kejadian buruk, kehilangan sesuatu, mengalami kekecewaan dan lainnya.

Ada banyak cara dalam mengatasi dan meredakan stres, salah satunya adalah mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Sehingga, sangat penting dalam memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama saat merasakan kegelisahan atau stres.

Mengutip dari Journal of Nutrition & Food Science menyatakan bahwa gejala stres juga menyebabkan peningkatan kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Mulai dari vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium.

Jumlah dan kualitas nutrisi yang kamu konsumsi dari waktu ke waktu juga memengaruhi sirkuit saraf tubuh yang mengontrol emosi, motivasi, dan suasana hati. Melansir dari Halodoc, terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Behavioral Medicine juga telah menunjukkan bahwa mikrobiota usus, yakni mikroorganisme di usus yang terdiri dari bakteri baik dan jahat bertugas sebagai penghubung penting untuk hubungan antara apa yang kamu konsumsi dan bagaimana kondisi mental seseorang.

Para ahli menilai bahwa pola makan yang seimbang dan bergizi kemungkinan merupakan satu-satunya langkah paling penting untuk mencapai kesehatan yang baik. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan stres dengan ampuh seperti yang dikutip via Halodoc:

Bubuk Matcha

Makanan ini telah dianggap mampu menghilangkan stres yakni bubuk teh hijau atau bubuk matcha. Matcha yang biasanya diseduh dengan air hangat dan disajikan layaknya teh ini adalah makanan yang belakangan semakin populer berkat kandungan L-theanine, yakni asam amino non-protein dengan sifat penghilang stres yang kuat.

Matcha adalah sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya, karena terbuat dari daun teh hijau yang ditanam di tempat teduh. Proses ini kemudian mampu meningkatkan kandungan senyawa tertentu, termasuk L-theanine. Penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan bahwa matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Ubi Jalar

Makan untuk meredakan stres selanjutnya adalah makanan yang sangat mudah ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau, yakni ubi jalar. Jenis makanan tersebut adalah sumber karbohidrat kaya nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Meskipun kadar kortisol diatur dengan ketat, stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol, yang dapat menyebabkan peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya. Ubi jalar juga merupakan makanan utuh sumber karbohidrat yang sangat baik. Ia juga dikemas dengan nutrisi yang penting untuk meredakan stres seperti vitamin C dan potasium.

Halaman Selanjutnya

Kimchi…

Halaman Selanjutnya
Kimchi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *