KPU Tetapkan 668 TPS Akan Gelar Pencoblosan Susulan Pemilu 2024

KPU Tetapkan 668 TPS Akan Gelar Pencoblosan Susulan Pemilu 2024
KPU Tetapkan 668 TPS Akan Gelar Pencoblosan Susulan Pemilu 2024. Source: Disway.id

DRADIO.IDKomisi Pemilihan Umum (KPU) RI baru saja mengumumkan bahwa terdapat 668 Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan melakukan pencoblosan susulan pemilu 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, melalui gelaran konferensi pers pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Hasyim menyatakan bahwa TPS yang memiliki kemungkinan untuk melaksanakan pemungutan suara susulan tersebar di lima Kabupaten/Kota, sebaran wilayah tersebut berada di empat provinsi di Indonesia.

Sebaran wilayah yang melakukan pemungutan suara susulan, diantaranya Demak di provinsi Jawa Tengah, Batam di provinsi Kepualauan Riau, Paniai dan Puncak Jaya di provinsi Papua Tengah, serta Jayawijaya di Provinsi Papua.

Langkah dalam melakukan pemungutan suara susulan pemilu 2024 di wilayah ini, diakibatkan adanya benerapa kendala teknis yang terjadi.

“Hal pertama terjadi di Demak, Jawa Tengah, di mana terdaoat 108 TPS yang terkena dampak banjir dan masih menggenangi 10 desa di Kabupaten Demak,” tutur Hisyam, dikutip via disway.

Kemudian, ia menyampaikan untuk di Kota Batam tepatnya provinsi Kepulauan Riau mengalami kekurangan surat suara.

Kabupaten Paniai terdapat 92 TPS yang membutuhkan pemungutan suara susulan. Sementara itu, Kabupaten Puncak Jaya memiliki 456 TPS yang juga mengharuskan pencoblosan susulan. Keduanya merupakan wilayah yang berada di provinsi Papua Tengah.

Terkahit, berada di Jayawijaya, provinsi Papua yang terdapat 4 TPS yang harus melakukan pencoblosan susulan dikarenakan gangguan keamanan.

Informasi yang diungkap oleh KPU RI memperlihatkan bahwa total jumlah TPS untuk pemilu 2024 adalah sekitar 823.220 titik.

Dari total tersebut, sebanyak 820.161 TPS berada di dalam negeri, kemudian sisanya yang berjumlah 3.059 TPS bertempat di luar negeri.

KPU RI akan terus berupaya dalam memastikan proses demokrasi melalui pemungutan suara pemilu 2024 berjalan lancar dan adil. Walaupun masih terdapat kendala teknis, KPU berkomitmen untuk melaksanakan pemilu yang transparan dan jujur.

Sehingga, Hasyim Asy’ari selaku Ketua KPU RI akan melakukan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam menyelesaikan masalah yang ada. Agar jalannya pemilu 2024 berlangsung dengan baik dan bijak.

Ia juga tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja menyiapkan penyelenggaraan pemilu 2024. Mulai dari KPU tingkat daerah, pemerintah daerah, serta seluruh masyarakat yang aktif berpartisipasi melakukan pencoblosan.

Ke depannya, Hasyim berharap seluruh masyarakat mampu menjaga semangat persatuan dan kesatuan serta menjadikan momen pesta demokrasi ini untuk menyatukan seluruh elemen bangsa.

Diselenggarakannya pemungutan suara susulan ini, diharapkan partisipasi dan antusias masyarakat tetap aktif sebagai proses menentukan pemimpin bangsa 5 tahun ke depan.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *