BPK Jambi Gelar Sertijab Kepala Perwakilan Provinsi Jambi

BPK Jambi Gelar Sertijab Kepala Perwakilan Provinsi Jambi
BPK Jambi Gelar Sertijab Kepala Perwakilan Provinsi Jambi. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDBadan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan provinsi Jambi menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jambi di Auditorium Sultan Thaha Kantor BPK RI Provinsi Jambi, Senin (15/1/2024).

Serah terima jabatan diberikan kepada Paula Henry Simatupang, S.E., M.Si., Ak., CA. CFrA, CPA (Aust), CSFA, ACPA sebagai Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Jambi menggantikan Rio Tirta, S.E., M.Acc., CSFA yang kini bertugas di BPK Perwakilan Provinsi Aceh.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jambi Al Haris, Kapolda Jambi, TNI, Kejaksaan, Ketua DPRD Kota/Kabupaten se-provinsi Jambi, Pejabat dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, dan beserta penjabat lainnya.

Paula Henry Simatupang mengatakan akan membangun sistem yang lebih baik lagi pada BPK Perwakilan Provinsi Jambi. Terutama terkait permasalahan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang dilakukan kepada seluruh jajaran pemerintah dalam penggunaan APBN.

“Kita akan melihat permasalahannya seperti apa (terkait WTP), sehingga mereka mengikuti WTP. Kita akan dorong supaya pengelolaan keuangannya (pemerintahan yang ada di Jambi) itu sesuai dengan persyaratan, sehingga unsur-unsur yang selama ini membuat dia terhambat untuk WTP dapat terselesaikan,” ungkapnya.

Menurutnya BPK merupakan suatu lembaga yang tidak terikat dengan lembaga manapun dan bersifat independent. Sehingga, BPK harus bersifat bebas dan mandiri dalam memeriksa pengelolaan serta tanggung jawab keuangan negara.

Paula Henry Simatupang, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi.

“Nah kalau BPK itu kan suatu lembaga yang bebas dan mandiri, artinya tidak terkait dengan atau terafiliasi dengan pihak lain, atau tidak terpengaruh kepada hal-hal yang bersifat politik. Jadi kita itu sesuai dengan nilai dan undang-undang dasar kita adalah independent, profesional dan berintegritas,” tegas Paula Henry Simatupang.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, apresiasi dan terima kasih terhadap Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi sebelumnya yakni Rio Tirta karena telah menjalankan tugas dan mengabdi untuk provinsi selama 3 tahun lamanya.

“Saya sangat mengapresiasi BPK sebagai lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan demikian, BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat terwujud, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan Sejahtera,” ucap Al Haris dalam sambutannya.

Gubernur Jambi Al Haris, saat menyampaikan kata sambutannya.

Al Haris berharap BPK terus melakukan peningkatan sebagai lembaga yang melakukan pemeriksaan dan tata kelola keuangan terhadap jajaran pemerintahan di provinsi Jambi.

“Saya yakin dan percaya bahwa kita bisa terus mempertahanan bahkan ditingkatkan, demi mewujudkan tata kelola keuangan dan aset yang kredibel, sebagai bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” jelas Gubernur Al Haris.

Paula Henry Simatupang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPK perwakilan Jawa Barat, hingga kini resmi menjadi Kepala BPK perwakilan provinsi Jambi.

Sementara itu, Rio Tirta sendiri telah menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi selama 3 tahun, terhitung sejak November 2020 dan berakhir Oktober 2023.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *