KONI Provinsi Jambi Senantiasa Mendukung DBL Melahirkan Atlet Basket Profesional

KONI Provinsi Jambi Senantiasa Mendukung DBL Melahirkan Atlet Basket Profesional
Budi Setiawan, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDKONI Provinsi Jambi senantiasa mendukung penuh kompetisi DBL yang diadakan rutin setiap tahunnya.

Development Basket League (DBL) merupakan kompetisi olahraga bola basket khusus remaja tingkat SMA/SMK sederajat yang diadakan di seluruh Indonesia setiap tahunnya.

Pembukaan acara Honda DBL Jambi Series 2023-2024 diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani yang bertempat di GOR Kota Baru Jambi, Sabtu (6/1/2024).

Pada acara pembukaan, juga hadir Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi yakni Budi Setiawan.

Budi mengatakan, bahwasannya kompetisi DBL ini merupakan langkah yang baik dalam melahirkan atlet basket profesional dari provinsi Jambi. Hal itu dikarenakan kompetisi basket tingkat pelajar SMA/SMK sederajat tersebut selalu konsisten digelar tiap tahunnya di seluruh Indonesia, termasuk provinsi Jambi.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Sehingga, kita bisa melihat sejauh mana (kemampuan) atlet-atlet kita,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa bibit seorang bintang olahraga tumbuh dengan digelarnya kompetisi-kompetisi yang rutin memberikan ruang generasi muda untuk menampilkan pertandingan kompetitif dan sportif layaknya DBL ini.

Menurut penuturannya, cabang olahraga basket provinsi Jambi saat ini memiliki seorang atlet perempuan yang telah berkarir di tingkat dunia. Atlet tersebut bernama Nathania Claresta Orville yang membantu timnas Indonesia meraih medali emas di ajang Sea Games 2023 Kamboja.

“Beliau sekarang ada di liga Jepang. Alhamdulillah, untuk kuliah ataupun yang lainnya itu dibiayai oleh pemerintah dan juga klub yang sekarang ini berjalan,” ungkap Budi Setiawan.

KONI provinsi Jambi berharap lebih banyak lagi remaja maupun generasi muda yang menggemari olahraga. Kemudian, mengembangkan kegemaran tersebut menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan.

“Kami KONI provinsi Jambi mengajak kepada anak muda yang mana olahraga ini sangat bagus. Karena olahraga juga memiliki pergaulan yang positif dan juga masa depan di olahraga ini sudah diketahui bahwa banyak atlet-atlet kita setelah berprestasi, mereka dapat bonus, dapat pekerjaan yang mereka impikan,” pungkas Budi Setiawan.

Honda DBL Jambi Series 2023-2024 diikuti oleh 36 tim peserta pertandingan basket kategori 5×5, sedangkan kategori 3×3 diikuti oleh 18 tim peserta. Keseluruhan peserta yang bertanding berasal dari putra putri pelajar tingkat SMA/SMK sederajat Se-provinsi Jambi.

Kemudian, seluruh pertandingan juga dimeriahkan dengan hiburan dance dari tiap tim yang bertanding.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *