Polda Jambi Siapkan 14 Posyan dan 29 Pospam Selama Pengamanan Nataru 2023

Polda Jambi Siapkan 14 Posyan dan 29 Pospam Selama Pengamanan Nataru 2023
Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDKepolisian Daerah (Polda) Jambi menyiapkan 14 Pos Pelayanan (Posyan) dan 29 Pos Pengamanan (Pospam) dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada hari Kamis, 21 Desember 2023, Polda Jambi melaksanakan Apel Gelar Pasukan “Operasi Kepolisian Terpusat Lilin-2023” bertempat di lapangan Polda Jambi. Hal itu dilakukan sebagai persiapan dalam melakukan pengamanan jelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Provinsi Jambi.

Pelaksanaan apel dimulai pada pukul 07.00 pagi dan dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono. Beliau menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait peningkatan keamanan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) harus berjalan secara maksimal.

Kapolda melalui Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyampaikan, bahwa operasi Lilin 2023 dimulai pada tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Operasi Lilin 2023 yang akan kita laksanakan tanggal 22 besok (Desember 2023) sampai dengan tanggal 2 Januari 2023. Kita menggelar sebanyak 14 pos pelayanan sepanjang jalan nasional di wilayah provinsi Jambi, baik dari perbatasan Palembang, Riau, Lubuk Linggau dan arah ke Sumatera Barat,” ungkapnya pada awak media, Kamis (21/12/2023).

Kombes Pol Dhafi menjelaskan bahwa pos pelayanan dan pos pengamanan yang disiapkan memiliki tugas yang sedikit berbeda dalam melayani masyarakat.

“Pos pelayanan lebih ke pelayanan, khususnya untuk penyekatan arus kendaraan pada saat perayaan Natal dan juga Tahun Baru dan liburan,” Jelasnya.

Sementara itu, pos pengamanan merupakan pelayanan yang berfokus pada pengamanan di tempat-tempat keramaian, seperi tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Kemudian, terdapat 1 pos terpadu selama Operasi Lilin di wilayah provinsi Jambi.

Personil yang dikerahkan selama Operasi Lilin 2023 berlangsung berjumlah 1.539 personil yang terdiri dari TNI-Polri. Ribuan personil gabungan tersebut akan ditugaskan di tempat-tempat keramaian yang telah ditentukan, seperti tempat ibadah, wisata, pos pelayanan dan pos pengamanan yang tersebar di wilayah provinsi Jambi.

Selama Operasi Lilin 2023 berlangsung, hal yang menjadi perhatian dan penegasan adalah angkutan batu bara tidak diperbolehkan beroperasi. Dirlantas Polda Jambi menekankan masa penghentian angkutan batu bara berlaku mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Kalau untuk sembako itu menjadi prioritas, jangan sampai ada hambatan. Kemudian, bahan bakar minyak (BBM) juga menjadi atensi untuk tetap lancar,” tegas Kombel Pol Dhafi.

Apabila selama Operasi Lilin 2023 berlangsung terdapat angkutan batu bara yang melintasi jalan nasional provinsi Jambi, akan dilakukan tindakan tegas dan mobilnya diamankan oleh pihak Polda Jambi.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *