Perkim Kota Jambi Ingatkan Masyarakat Jaga Fasilitas LPJU, Sebab Kerap Kecolongan

Perkim Kota Jambi Ingatkan Masyarakat Jaga Fasilitas LPJU, Sebab Kerap Kecolongan
Ilustrasi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Kota Jambi. Source: Jambi

DRADIO.ID – Penerangan lampu jalan di Kota Jambi masih butuh pemasangan di setiap area. Sehingga pemerintah kota Jambi terus melakukan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di setiap area yang membutuhkan penerangan.

Namun, banyak juga terdapat kasus pencurian lampu dan kabel LPJU di beberapa tempat dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, area tersebut akan gelap dan minim penerangan lampu jalan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Mahruzar, selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi.

“Karena beberapa tempat terjadi kehilangan lampu bahkan kabel listrik, pencurian-pencurian kabel listrik dan pencurian lampu. Imbasnya, lokasi tersebut tentunya menjadi gelap,” ungkap Mahruzar, Senin (27/11/2023).

Ia juga menyampaikan pesan dan himbauan kepada masyarakat sebagai pengguna lampu jalan, agar bersama menjaga dan memelihara fasilitas LPJU yang sudah ada di Kota Jambi.

Anggaran Mencapai Angka 85 Persen, Pemkot Jambi Terus Tingkatkan LPJU
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi, Mahruzar. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

“Kami boleh berpesan meminta kepada masyarakat juga, khususnya pengguna lampu jalan bisa dapat sama-sama memelihara, menjaga lampu-lampu yang ada di sekitar” harapnya.

Apabila masyarakat menemukan kecurigaan dan melihat tindak pencurian fasilitas LPJU, jangan sungkan untuk melaporkan ke pihak yang berwajib agar dapat ditindak secara hukum.

“Bila mana ada kecurigaan, terjadi kegiatan-kegiatan yang mencurigakan dapat melakukan ke aparat yang berwajib,” tegas Mahruzar.

Sementara itu, Pemkot Jambi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) memiliki target untuk pemasangan LPJU di seluruh Kota Jambi yaitu berkisar 42.000an unit.

Menurut keterangan Mahruzar, berdasarkan dari angka yang telah ditetapkan tersebut, saat ini pihaknya sudah melakukan pemasangan sekitar 22.000an LPJU di seluruh Kota Jambi.

“Sampai di tahun 2023 ini, kita sudah memasang sebanyak lebih kurang 22.000an lampu jalan di seluruh Kota Jambi,” ungkapnya.

Dengan hasil tersebut Perkim Kota Jambi belum mencapai target yang telah ditentukan untuk saat ini. Sehingga, Perkim ke depannya akan terus bergerak agar Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Jambi segera terpasang sesuai target yang telah ditentukan.

Kendala yang dihadapi dalam proses pemasangan lampu penerangan jalan ini adalah ketersedian anggaran. Karena, pemerintah Kota Jambi tidak hanya fokus pada lampu jalan, tetapi juga terdapat infrastruktur fasilitas lain yang menjadi prioritas. Sehingga, pemasangan LPJU di Kota Jambi tidak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *