Bawaslu Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi, Tekankan Kampanye Aman dan Damai

Bawaslu Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi, Tekankan Kampanye Aman dan Damai
Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wien Arifin. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDBadan pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pembentukan patroli siber pemilu 2024 bertempat di Hotel BW Luxury Jambi, Senin (27/11/2023).

Hal itu dilakukan dalam upaya mewujudkan pemilu aman dan damai. Sehingga, perlunya tindakan pengawasan dan pemantauan terhadap pemberitaan, penyiaran dan iklan pada masa kampanye jelang pemilu 2024.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Kasubdit V cyber Ditreskrimsus Polda Jambi, Ketua KPU Provinsi Jambi, Ketua KPID provinsi Jambi serta kepala lembaga penyiaran yang ada di Jambi.

Ketua Bawaslu provinsi Jambi Wien Arifin mengatakan, bahwa patroli siber ini merupakan tim yang dibentuk oleh Bawaslu.

Kemudian, fungsi tim tersebut adalah mengumpulkan informasi terkait dengan konten konten di media sosial maupun online yang berpotensi terjadi nya pelanggaran tindak pidana pemilu maupun tindak pidana hukum.

“Jika itu informasi konten-konten ini adalah tindak pidana pemilu, maka itu akan kami teruskan ke sentra Gakkumdu (Penegakkan Hukum Terpadu) untuk dilakukan proses penindakan pelanggaran pidana pemilu” jelas Wien Arifin selaku Ketua Bawaslu Provinsi Jambi.

Ia juga menjelaskan, apabila yang ditemukan bukan tindak pelanggaran pemilu maka akan diteruskan kepada pihak terkait lainnya. Contohnya jika terjadi tindakan pelanggaran kekeliruan informasi pada media televisi, radio dan elektronik, maka hal itu akan menjadi wewenang KPID Provinsi Jambi.

Keberlangsungan kegiatan ini juga turut dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dan penandatanganan surat keputusan bersama, diantaranya penandatanganan surat keputusan bersama gugus tugas pengawasan dan pemantauan konten internet dalam penyelenggaraan pemilu 2024 oleh Bawaslu dan dinas Kominfo provinsi Jambi. Gugus tugas pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye dalam penyelenggaraan pemilu antara Bawaslu bersama KPID dan KPU provinsi Jambi.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memudahkan koordinasi antar lembaga dalam pengawasan dan pemantauan pemberitaan penyiaran iklan pada masa sosialisasi peserta pemilu dan tahapan kampanye pemilu 2024. Kemudian kegiatan ini juga untuk meningkatkan partisipatif masyarakat untuk melaksanakan pengawasan terhadap konten konten internet melalui komunitas dan kelompok masyarakat.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *