Anggaran Mencapai Angka 85 Persen, Pemkot Jambi Terus Tingkatkan LPJU

Anggaran Mencapai Angka 85 Persen, Pemkot Jambi Terus Tingkatkan LPJU
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi, Mahruzar. Foto: Muhammad Hair/dradio.id

DRADIO.IDLampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Jambi masih dikategorikan minim dan sangat butuh peningkatan penerangan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Jambi melakukan berbagai upaya dalam menyelesaikan permasalahan penerangan yang ada di Kota Jambi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Jambi Mahruzar, menyatakan bahwa per-November 2023 anggaran LPJU Kota Jambi telah mencapai 85 persen.

“Secara anggaran LPJU hingga November ini udah bisa di angka 85 persen, karena kemarin juga untuk di perubahan kita ada tambahan pengadaan lampu lebih kurang 600an unit yang baru selesai pengadaannya” ungkap Mahruzar.

Secara global untuk penerangan lampu jalan di Kota Jambi, diperkirakan membutuhkan 42 ribu unit lampu penerangan jalan dari 1.600an Rukun Tetangga (RT) yang ada.

“Sampai di tahun 2023 ini, kita sudah memasang sebanyak lebih kurang 22.000an lampu jalan di seluruh Kota Jambi,” ucap Mahruzar, Senin (27/11/2023).

Dengan begitu, target pemasangan lampu jalan di seluruh kota Jambi belum sepenuhnya rampung dari target yang ditetapkan yaitu sekitar 42.000an unit LPJU.

Mahruzar menyampaikan, bahwa pemasangan LPJU ini tidak memilki target area tertentu secara spesifik, namun pemasangannya ditinjau berdasarkan area yang padat pemukiman dan aktivitas masyarakat.

Ia juga menuturkan kendala yang dihadapi dalam upaya mencapai target penerangan di Kota Jambi adalah ketersediaan dana anggaran.

“Karena tentunya Pemerintah Kota Jambi tidak fokus saja kepada lampu jalan, namun untuk infrastruktur yang lain mungkin yang lebih prioritas itu yang menjadikan LPJU juga tidak bisa langsung memenuhi target dalam waktu yang singkat,” ungkapnya.

Menurut keterangannya, ia juga menyampaikan jumlah anggaran untuk pengadaan LPJU kota Jambi pada 2023 yaitu mencapai angka 2.5 miliar.

Pemkot Jambi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Jambi, berharap kepada masyarakat agar bersama menjaga lampu jalan yang ada, karena telah terjadi beberapa kasus yang ditemukan lampu maupun kabel hilang dicolong oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Kepada masyarakat untuk dapat memelihara, mengawasi dan menjaga lampu-lampu yang ada di sekitar kita bila mana ada kecurigaan, terjadi kegiatan-kegiatan yang mencurigakan dapat melaporkan ke aparat yang berwajib,” harap Mahruzar selaku Kepala Perkim Kota Jambi.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *