Kenapa Orang Kesurupan Bisa Berbicara Banyak Bahasa? Begini Penjelasan Medisnya

ilutrasi seorang kesurupan. source: disway jateng

DRADIO.ID – Banyak kejadian terkait orang kesurupan yang berbicara aneh. Seringkali ditemukan dari orang yang kesurupan bisa berbicara dengan banyak bahasa, seperti bahasa asing maupun bahasa hewan. Bagaimana bisa? Berikut penjelasan dari segi medis.

Kesurupan selalu dihubungkan dengan kejadian dan hal-hal yang ghaib. Akan tetapi, dari segi kesehatan psikologi hal tersebut dapat dijelaskan berdasarkan pandangan medis.

Dikutip dari detik detikHealth, dokter spesialis kejiwaan dr. Lahargo Kambaren, SpKJ memberikan jawaban atas fenomena tersebut. Ia mengatakan bahwa kondisi orang kesurupan dapat berbahasa asingdisebabkan oleh epilepsi.

Pada saat seorang tak sadarkan diri akibat epilepsi, ada letupan listrik yang terjadi di otak yang mengakibatkan fungsi otak tidak berjalan dengan baik.

“Setiap kita kan gampang mendengar orang dengan berbagai bahasa, budaya, apa yang kita lihat dengar dan alami itu sebenarnya ditangkap oleh panca indera kita dan dikrekan dalam memori,” ucap dr. Lahargo.

Dengan begitu, memori yang kita simpan kemungkinan dapat dilakukan secara spontan terjadi tanpa sadar saat mengalami epilepsi.

“Jadi memungkinkan saja kita pernah mengingat kata bahasa tertentu di alam bawah sadar kita sehingga ketika terjadi ketidaksadaran seperti tadi, epilepsi itu yang akhirnya muncul keluar begitu,” jelas dr. Lahargo Kambaren, SpKJ, via detikHealth.

( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *