Mentan Yasin Limpo Mengundurkan Diri dari Jabatan, Setelah Kepulangannya ke Indonesia

Foto via disway.id

DRADIO.ID – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo beberapa hari lalu dikabarkan hilang saat kunjungan kerja di luar negeri, namun kini ia telah pulang ke Indonesia.

Menurut kabar yang beredar, Yasin Limpo terbang menggunakan pesawat Singapore Airlines Rute SIN-CGK, dengan nomor penerbangan SQ964. Ia berangkat pada pukul 15.36 waktu setempat, kemudian sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 18.05 WIB, Rabu (4/10/2023).

Pada saat KPK menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka, ternyata Mentan tersebut melakukan kunungan ke beberapa negara, diantaranya Spanyol, Almeria, dan Italia, Roma.

Kemudian, sehari setelah kepulangannya tersebut, Yasin Limpo menyatakan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Limpo mengkonfirmasi telah menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pertanian RI kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno di kantor Kemensetneg, Jakarta (5/10).

Ia mengaku pengunduran diri tersebut harus dilakukan, karena akan menjalani proses hukum yang menjeratnya.

“Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan melalui Mensetneg Pak Praktik untuk menyampaikan usul dan pengundurran diri saya sebagai menteri. Alasan saya adalah ada proses hukum yang saya hadapi,” ungkap Limpo, dikutip via Disway.

Dengan proses yang masih berjalan, Limpo memohon kepada media dan masyarakat untuk tidak menghakiminya sebelum proses hukumnya selesai.

“Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan preception of innocent, maksudnya menghakimi saya dulu, karena tentu biarkan proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap hadapi,” jelas Limpo.

Sebelumnya KPK telah mengumumkan adanya kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian dan naik ke tahap penyidikan pada 29 September 2023.

Tim penyidik KPK menemukan uang tunai sekitar Rp 30 miliar yang terdiri dari pecahan rupiah, dolar Singapura dan dolar Amerika Serikat. Temuan tersebut didapati di rumah dinas Mentan, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Ditemukan juga beberapa senjata api saat menggeladh rumah dinas Mentan tersebut.

Bukan hanya di rumah dinas, penggeledahan juga dilakukan di ruang kerja menteri dan sekjen. Hasilnya, ditemukan dokumen dan bukti mengenai dugaan resuah pada instansi tersebut. ( Mh ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *