Soneta X Dipha Barus Menggempar Panggung Synchronize Fest 2023, Hingga Dangdut Diusulkan sebagai Warisan tak Benda Indonesia

Penampilan Soneta di Synchronize Fest 2023. Source: Instagram/@synchronizefest

DRADIO.ID – Synchronice Fest 2023 merupakan festival musik tahunan yang diadakan di Jakarta, Indonesia. Tahun ini Synchronize mengusung tema “Bhineka Tunggal Musik” yang mengeksplorasi setiap genre musik yang hadir. Kolaborasi lintas genre dan generasi juga dihadirkan dalam Synchronize Fest 2023 untuk menghibur penikmat musik tanah air.

Salah satunya kolaborasi dua musisi yang lahir dari generasi yang berbeda pada Jumat (1/9), Soneta yang merupakan grup musik dangdut yang berisikan raja dangdut Indonesia yaitu Rhoma Irama tampil satu panggung bersama Dipha Barus seorang disjoki yang beraliran Elektrinik Dance Musik.

Dilansir dari CNN Indonesia, Soneta tampil tepat pada pukul 23.45 WIB dengan personil lengkap. Rhoma Irama tampil dengan ciri khasnya yaitu menggunakan jubah hitam kebanggaan dan tak lupa sayap merah selayaknya seorang pangeran dangdut. Kemudian Soneta membawakan susunan lagu yang mampu membuat penonton hanyut bergoyang dan berdendang.

Tiba giliran Dipha Barus menyatukan alunan dan ketukan nada yang mengaskan meriahnya dangdut klasik Rhoma Irama. Sederet lagu hits dibawakan apik oleh Soneta X Dipha Barus, seperti Darah Muda, Azza, Mirasantika hingga Terajana yang sukses mengguncang panggung utama Dynamic Stage Synchronice Fest 2023.

Musik dangdut pula resmi diusulkan sebagai warisan tak benda milik Indonesia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Usulan tersebut secara langsung dinyatakan oleh Rhoma Irama.

tadi sidang penempatan warisan budaya tak benda oleh Indonesia untuk UNESCO. Dangsut kita daftarkan ke UNESCO sebagai warisan busaya tak benda, didorong oleh pemerintah lewat kemendikbud,” tegas Rhoma Irama dikutip dari Kompas (29/08/2023).

Kemendikbud Ristek juga mengkonfirmasi hal tersebut melalui Kepala Bidang Perlindungan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Linda N. Riani.

musik dangdut kami usulkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek,” ucap Linda.

Dangdut emang beneran seasik itu ya D’listener, dengan alunan nadanya bisa membuat kita bergoyang dengan riang. Semoga saja proses usulan dangdut sebagai warisan tak benda Indonesia lancar ya dan kita bangga sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki warisan tersebut. ( Mh )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *