TEKNO, TIPS  

Berikut Manfaat Puasa Media Sosial bagi Kesehatan Mental, Efektif Meningkatkan Kualitas Hidup di Era Digital

Meida Sosial

DRADIO.ID  –  Masifnya media sosial  kini bukan hanya sebagai sarana komunikasi dan informasi semata , akan  tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup tersendiri ya. Di mana hampir setiap orang kini menggunakan media sosial sebagai tempat membagikan aktivitas dan keseharian menarik.

seperti membagikan aktivitas kebersamaan dengan teman atau keluarga, membagikan hasil menu masakan, hingga berbagai hobi menarik yang disenangi. Bukan hanya itu, media sosial juga sering digunakan untuk membagikan aktivitas liburan, travelling, bahkan hingga gaya pakaian berbagai brand yang dikenakan.

Tidak bisa dipungkiri, jika banyak orang kini sering membandingkan diri sendiri dengan gaya hidup orang lain yang nampak di media sosial. Jika hal ini dibiarkan hingga menjadi kebiasaan, tentu akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan mental. Mulai dari perasaan cemas, tak berguna, hingga rendah diri.

Layak dapat dipertimbangkan, penting bagi masyarakat masa kini untuk melakukan puasa media sosial demi menjaga kesehatan mental yang lebih baik. Dalam hal ini, terdapat beberapa manfaat puasa media sosial yang bisa Anda dapatkan. Puasa media sosial dapat mengurangi kemungkinan membandingkan diri dengan orang lain, melindungi privasi, berhenti merasa berkompetisi, hingga meningkatkan suasana hati yang lebih baik.

Manfaat Puasa Media Sosial: Berhenti Membandingkan Diri hingga Berhenti Merasa Berkompetisi

  • Berhenti Membandingkan Diri

Manfaat puasa media sosial yang pertama yaitu berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kebanyakan orang yang menggunakan media sosial akhirnya membandingkan diri mereka dengan kehidupan orang yang tampak di media sosial.

Masalah ini pada akhirnya akan berdampak pada penurunan harga diri. Misalnya, jika semua orang yang Anda kenal akan menikah dan memiliki bayi tetapi Anda masih lajang, Anda mungkin akan merasa terisolasi dan kesepian.

Dengan begitu, penting untuk berhenti dari media sosial selama beberapa waktu untuk mengurangi kebiasaan membandingkan diri dan kembali terhubung dengan diri sendiri. Selama puasa media sosial, lakukan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kualitas diri seperti membangun hubungan sosial yang baik hingga melakukan berbagai macam hobi.

  • Melindungi Privasi

Manfaat puasa media sosial berikutnya yaitu dapat melindungi privasi. Semakin sering membagikan aktivitas keseharian di media sosial, maka batas privasi akan semakin tipis. Dengan melakukan puasa media sosial untuk sementara waktu, Anda bisa lebih menghargai setiap aktivitas atau kegiatan yang Anda lakukan tanpa harus dibagikan di media sosial.

Kehidupan privasi juga akan lebih terjaga, sehingga secara tidak langsung Anda membatasi informasi yang dapat diketahui oleh orang lain. Ini juga akan melindungi Anda dari tindakan kriminal kian banyak terjadi di kehidupan masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *