BPOM Amankan Ribuan Produk Tidak Memenuhi Ketentuan Selama Bulan Ramadhan

DRADIO.ID – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi Mengadakan Konferensi Pers Hasil Pengawasan rutin Khusus Ramadhan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444H tahun 2023. Senin (17/4)

Sehubungan dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap pangan olahan diikuti peningkatan persediaan disepanjang bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Badan POM melakukan Pengawasan rutin Khusus untuk produk obat dan makanan yang beredar di masyarakat.

Kepala Balai Obat dan Makanan ( BPOM) Provinsi Jambi, Alex Sander, S.Farm, apt, M.H Mengatakan Di Provinsi Jambi Masih banyak Produk yang tidak memiliki Izin Edar.
“Di wilayah Provinsi Jambi Khususnya di Kota Jambi Sendiri, masih banyak produk makanan tanpa izin edar dari BPOM, dan ada pula produk yang diduga palsu yang ditemukan di Kabupaten Bungo.”

Alex Sanser Memaparkan Dari Hasil Pemeriksaan Sarana Distribusi Pangan di Provinsi Jambi, yang didapatkan dari Warung, Hypermart, Swalayan dan mini market.
“Keseluruhan produk yang diperiksa berjumlah 56 produk, 12 diantaranya Tidak Memenuhi Ketentuan dan 44 lainya memenuhi ketentuan”
“Sementara itu Untuk Pangan Olahan berjumlah 18 Produk, 5 Produk diantaranya tidak memenuhi kriteria, berasal dari Pangan Olahan Dalam negeri dan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)”

Selain itu Alex menjelaskan bahwa BPOM juga melaksanakan pemeriksaan Produk Takjil di berbagai wilayah di Provinsi Jambi.
“Kami Juga malaksanakan pemeriksaan terhadap takjil Atau Makanan Berbuka Puasa, yang dilakukan di berbagai pasar beduk yang ada di Kota Jambi dan berbagai kabupaten seperti Kabupaten Bungo, Tebo, Muaro Jambi dan Batang Hari.”
“Jumlah Sampel yang didapatkan berjumlah 336 Sample dan setelah diteliti lebih lanjut, semuanya bebas dari bahan kimia, dan Obat Berbahaya.”

Keseluruhan Temuan Pangan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) seperti Tanpa Izin Edar, Rusak atau penyok dan Kadaluarsa berjumlah 25 Item dengan total 1988 pieces, Ditaksir nilai Produk yang diamankan mencapai RP. 407.944.210. (Empat ratus Tujuh ribu sembilan ratus empat puluh empat ribu dua ratus sepuluh rupiah).

Penulis : Echo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *