berita  

Buka Musrenbang RKPD 2024 ,Al Haris Paparkan 5 Prioritas Pembangunan

DRADIO.ID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2024 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jambi Tahun 2024 digelar di Swiss Belhotel Jambi. Rabu (5/4)

Musrenbang RKPD 2024 ini dibuka oleh Gubernur Jambi Al Haris yang turut dihadiri Perwakilan Kemendagri, Bappenas, Kementrian PUPR, Anggota DPR RI, Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Jambi, para kepala daerah se Provinsi Jambi, Forkopimda Jambi dan para tamu undangan lainnya.

Musrembang RKPD Provinsi Jambi tahun 2024 mengangkat judul “Pengurangan Ketimpangan untuk pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjuatan.”

Gubernur Jambi Al-Haris mengatakan Musrenbang RKPD Tahun 2024 merupakan momentum penting, karena merupakan penyusunan rencana tahun ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2021-2026.

“Oleh karena itu, Musrenbang yang kita laksanakan ini adalah dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan, prioritas pembangunan, arah kebijakan pembangunan dan program/ kegiatan, pagu indikatif dan indikator serta penyelarasan antara program/kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional, “ujar Gubernur.

Didalam Musrembang RKPD Provinsi Jambi ada lima prioritas pembangunan daerah yang menjadi fokus pembahasan :

1. Peningkatan Produktivitas;

2. Pembangunan Sumber Daya Manusia;

3. Pembangunan Infrastruktur Daerah.

4. Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup; dan 5. Kelima, Ketenteraman dan Ketertiban Umum,

Dijelaskan Gubernur bahwa terdapat empat isu strategis yang diangkat untuk pembangunan Tahun 2024, yaitu ketimpangan antar wilayah dan pendapatan, kualitas hidup sumber daya manusia, bottleneck jalur logistik serta pemilu dan pilkada serentak.

“Mengacu pada isu strategis dan RPJMD serta memperhatikan keselarasan tema dan prioritas RKPD Tahun 2024, Kita komitmen dan terus melanjutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan menyingkirkan dengan Rencana Pembangunan daerah yang sudah dirumuskan oleh Bappeda sampai Tahun 2026.” Tutup Al-Haris

Penulis : Echo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *