Sehat Mana Mandi Pakai Air Dingin Atau Air Hangat?

DRADIO.ID- Ternyata dari sisi kesehatan, mandi air hangat dapat menurunkan tingkat stres. Apalagi di zaman yang penuh pandemi ini saat ini, stres tak bisa dihindari. Saat kembali ke kantor atau sekolah membuat seseorang mudah lelah. Mandi air hangat bisa menjadi solusi relaksasi.

Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres.

Seperti yang dikutip dari JawaPos Menurut dr. Berian, suhu mandi air hangat yang dianjurkan adalah antara 37-38,3 derajat Celcius atau setidaknya di bawah 40 derajat Celcius. Suhu itulah yang dapat memberi manfaat kesehatan. Jika mandi terlalu panas atau terlalu sering bisa merusak kulit. Kita punya kelenjar minyak, fungsinya sebagai pelembab alami. Maka suhu yang dianjurkan di bawah 40 derajat Celcius.

Menurut dr. Berian, mandi air hangat boleh dilakukan dari mulai usia bayi, anak, dewasa, hingga lansia. Namun untuk lansia, ternyata lebih disarankan mandi pakai air hangat.

Menurut dr. Berian, mandi air hangat ternyata memberikan lebih banyak manfaatnya bagi kesehatan ketimbang pakai air yang tak hangat. Manfaat di pagi hari, mandi air hangat membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Manfaat mandi air hangat saat malam hari, kata dia, memberi efek relaksasi setelah seharian capek bekerja. Ketika kita mandi air hangat saat malam hari sebelum tidur, akan meredakan ketegangan otot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.