Fakta Menarik Tentang Gunung Tertinggi Yang Ada Di Sumatera (GUNUNG KERINCI)

DRADIO-ID. Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh gunung aktif di dunia, maka tidak salah bila Indonesia masuk dalam jajaran ring of fire. Gunung vulkanik di Indonesia juga menyimpan beragam keindahan dan merupakan salah satu spot terbaik bagi para pendaki dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah Gunung Kerinci yang ada di Provinsi Jambi.

Taman Nasional Kerinci Seblat Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat di Pegunungan Bukit Barisan. Gunung vulkanik aktif ini terakhir meletus pada Oktober 2020 lalu, sehingga merupakan salah satu jalur pendakian yang wajib diwaspadai.Gunung Kerinci yang merupakan kebanggaan warga Jambi ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Ini termasuk dalam kawasan Asean Heritage Site dan World Heritage Site Unesco pada tahun 2004. Awalnya, Kerinci hanya nama sebuah gunung dan danau (tasik), tetapi kemudian wilayah yang berada di sekitarnya disebut dengan nama yang sama. Daerahnya kini disebut sebagai Kerinci (Kinci atau Kince atau “Kincai” dalam bahasa setempat), dan penduduknya pun disebut sebagai orang Kerinci.

Taman Nasional Gunung Kerinci terletak di empat provinsi yang diantaranya Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Sumatera Barat. Jalur yang paling umum dilalui berlokasi di Provinsi Jambi.Saat musim kemarau, suhu udara di puncak Gunung Kerinci mencapai 5 derajat Celsius. Maka, penerapan teknik layering system pakaian sangat dibututuhkan. Memakai pakaian gunung ala kadarnya, hanya menggunakan kaos katun dan jaket kurang bisa menghangatkan tubuh di suhu Gunung Kerinci ekstrem.

Berikut fakta menarik yang ada di Gunung Kerinci yang wajib diketahui:

  1. Ditetapkan sebagai Asean Heritage Site dan World Heritage Site oleh Unesco pada tahun 2004

Gunung Kerinci yang merupakan kebanggaan warga Jambi ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Ini termasuk dalam kawasan Asean Heritage Site dan World Heritage Site Unesco pada tahun 2004.

2. Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 mdpl

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi kedua se-Indonesia. Ketinggiannya berada pada 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl), termasuk ke dalam seven summits Indonesia. Taman Nasional Gunung Kerinci terletak di empat provinsi yang diantaranya Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Sumatera Barat. Jalur yang paling umum dilalui berlokasi di Provinsi Jambi.

  1. Danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara

Berada di ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi gunung api aktif paling tinggi di Indonesia. Di sana terdapat Danau Gunung Tujuh yang terletak di ketinggian 1.996 mdpl. Danau ini pun disebut-sebut sebagai salah satu danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara.

  1. Saat musim kemarau, suhu capai 5 derajat Celsius

Saat musim kemarau, suhu udara di puncak Gunung Kerinci mencapai 5 derajat Celsius. Maka, penerapan teknik layering system pakaian sangat dibututuhkan. Memakai pakaian gunung ala kadarnya, hanya menggunakan kaos katun dan jaket kurang bisa menghangatkan tubuh di suhu Gunung Kerinci ekstrem.

  1. Memiliki satu jalur pendakian

Gunung Kerinci bisa dicapai lewat jalur darat melalui kota Jambi, kota Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu. Keempat rute ini mudah dijangkau, wisatawan atau pendaki bisa menggunakan bus umum atau travel dari Jambi, Padang, Lubuk Linggau, dan Bengkulu menuju ke Sungai Penuh dan minta turun ke Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro.

  1. Surganya para pendaki

Dari gunung ini, para pendaki bisa melihat Samudra Hindia sekaligus dengan samudra awan atap Sumatra. Tidak hanya itu, para pendaki juga akan dimanjakan matanya dengan hamparan danau-danau yang cantik dengan air yang jernih, alami dan suhu yang sangat dingin. Maka tidak salah bila gunung kerinci merupakan surganya para pendaki.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang Gunung Kerinci yang wajib diketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.