6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Teknologi 5G

Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Lalu, mengapa kita harus beralih ke 5G?

Sebenarnya memiliki 5G tidak berarti keberadaan 4G akan langsung menjadi usang. Transisi ini berbeda dari pergeseran generasi seluler sebelumnya, yang berarti 4G bisa berguna lebih lama.

“Faktanya, 4G akan ada bersama-sama dengan 5G hingga ekosistem, jaringan, dan aplikasi berevolusi ke generasi terbaru. 5G akan digunakan dalam operasi multi-band termasuk di band 4G yang sudah ada,” ujar Ericsson, prusahaan penyedia perangkat 5G asal Swedia, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima, Rabu (1 Desember 2021).

Disebutkan bahwa teknologi komunikasi seluler generasi kelima tersebut akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah, tetapi apakah hanya itu?

Sebetulnya, masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G ke depan. Ericsson memberikan sejumlah contoh menyangkut 5G, berikut ini.

[1] 5G bukan hanya kecepatan, tapi kapasitas

5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak “ruang” untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.

Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus. “Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak device di tempat yang bersamaan,” tutur Ericsson.

[2] 5G menawarkan hiburan “next level”

Pernahkah membayangkan ingin menonton pertandingan sepak bola di rumah saja, tapi serasa duduk di barisan pertama lapangan? Dengan teknologi 5G, itu mungkin!

Tahun depan, Ericsson bersama dengan Ooredo, akan menggelar pengalaman 5G dalam acara olahraga 2022 di Qatar. Masyarakat  bakal mendapatkan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. “Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi,” klaim Ericsson.

[3] 5G memungkinkan kontrol semuanya dalam satu klik

Berkat teknologi Internet of Things (IoT), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda. Dengan jaringan 5G, pengguna bisa mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living atau dengan kata lain teknologi 5G akan membuat hidup kamu jauh lebih efisien dan produktif.

[4] Dunia hiburan virtual

Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G. Dengan kemampuan 5G yang menawarkan kecepatan sangat tinggi dan latensi sangat rendah, hal ini memungkinkan. Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari seluruh penjuru dunia.

“Teknologi generasi kelima akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan,” tutur Ericsson.

[5] Tak ada lagi istilah buffering dan video lagging

Semua orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskan menatap video kosong karena koneksi buruk. Dengan 5G, pengguna tidak akan mengalami situasi seperti itu lagi, karena teknologi generasi kelima ini menawarkan kecepatan internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G.

Selain itu, pengguna dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram.

[6] Extended reality (XR) mulai marak

XR ialah istilah umum yang mencakup teknologi virtual reality, augmented reality, dan mixed reality. Teknologi XR di era 5G diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

Sumber : https://cyberthreat.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *