SKK MIGAS – PETROCHINA PEDULI PENDIDIKAN, DARI PERPUSTAKAAN HINGGA BEASISWA

Jambi – Para siswa di Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah delapan bulan tidak belajar tatap muka di sekolah. Sejak pandemi Covid-19, sekitar dua ribu anak di desa itu belajar dari rumah.

Sebagai upaya pencegahan Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang memberlakukan pembelajaran jarak jauh untuk para siswa berbagai jenjang pendidikan. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas berkumpul dan bepergian.

Kondisi ini memengaruhi berbagai kegiatan literasi di Pustaka Gajah Bina Mandiri, perpustakaan milik desa yang pada bulan Juli ini ditetapkan sebagai perpustakaan desa terbaik tahun 2020 di Provinsi Jambi.

Kepala Desa Terjun GajahAnto Hasibuan dan pengurus perpustakaan pada bulan Agustus mengajukan proposal perpustakaan keliling (perpusling) berbentuk sepeda motor yang dimodifikasi ke SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. “Kami berharap perpustakaan keliling ini bisa menjangkau semua dusun di Desa Terjun Gajah,” kata Anto.

Anto berharap warganya dapat memaksimalkan keberadaan perpusling ini. “Saya berharap anak-anak bisa tetap belajar dan tidak ketinggalan pelajaran. Warga lain juga bisa menambah pengetahuan dari buku-buku yang ada di sini,” jelasnya.

Vice President HR & Relations PetroChina Dencio Renato Boele berkata perusahaannya mendukung berbagai upaya meningkatkan literasi di sekitar wilayah Blok Jabung.

“Sebagai operator Blok Jabung, kami berkomitmen untuk melaksanakan berbagai program tanggung jawab sosial di bidang pendidikan, termasuk menyediakan perpustakaan keliling,” ujarnya.

Tahun 2018 SKK Migas – PetroChina menyerahkan masing-masing satu unit mobil perpusling ke Pemkab Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Tahun 2019 Pemkab Tanjung Jabung Barat kembali menerima satu unit mobil perpusling.

“Perpusling merupakan bentuk dukungan kami untuk program-program pendidikan nonformal. Masing-masing unit kami lengkapi dengan koleksi buku untuk berbagai usia,” tambahnya. 

Perpusling motor untuk perpustakaan Gajah Bina Mandiri diserahkan secara simbolis pada Oktober 2020. Saat ini, perpusling motor ini mulai mengunjungi satu demi satu dusun di Desa Terjun Gajah. Di tengah pandemi Covid-19, perpusling ini hadir membawa ratusan buku ke berbagai pelosok desa.

Pengelola Perpustakaan Terjun Gajah, Wulandari menyebutkan, operasional perpustakaan keliling ini dibagi tiga tahap.

“Senin dan Selasa ke Dusun I, Rabu dan Kamis ke Dusun II, Jumat dan Sabtu ke Dusun III. Bantuan ini sangat bermanfaat dan tepat guna,” katanya.

Ketika perpustakaan keliling datangdi Dusun Betara 8, anak-anak antusias menyambutnya. Puluhan anak menyerbu kendaraan perpusling dan segera memilih bacaan kesukaan masing-masing.

Antusiasme anak-anak ini menyambut kehadiran perpusling menunjukkan tingginya semangat gemar membaca di Desa Terjun Gajah.

Nanda Martua Hasibuan, 12 tahun, mengaku senang dengan adanya perpustakaan keliling ini. Nanda bisa mendapat tambahan ilmu, dan bisa membaca buku bersama teman-teman sebayanya.

“Banyak pilihan buku-buku di perpusling ini yang sesuai sesuai selera saya. Semoga perpusling ini lebih sering datang ke sini,” kata siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Atap Betara.

Hal senada disampaikan Syahira Aulia Harahap, 10 tahun. Syahira senang masih bisa membaca buku-buku kegemarannya, tanpa harus datang ke perpustakaan di kantor desa.

Siswi SD Al Falah Kota Jambi ini sudah lama pulang ke rumah orangtuanya di Desa Terjun Gajah. Selama sekolah dari rumah, Syahira lebih suka membaca buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling di desanya.Buku-buku cerita menarik membuat bocah yang suka membaca sejarah nabi ini terhibur.

Manfaat perpustakaan keliling bantuan PetroChina juga dirasakan oleh para orangtua. Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang tua yang khawatir anaknya beraktivitas di luar rumah.

“Kalau membaca buku di perpusling, anak-anak bermain tidak jauh dari rumah,” kata Tuti Ariani, seorang ibu rumah tangga. “Buku-buku yang dimiliki perpustakaan ini juga dapat membantu anak-anak belajar.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *