BAWASLU DETEKSI POTENSI MASALAH DAFTAR PEMILIH

Dradio.id, JAMBI – Bawaslu Provinsi Jambi, sudah mendeteksi potensi masalah yang akan terjadi terhadap daftar pemilih jelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Desember mendatang.

Fachrul Rozi, Anggota Bawaslu Provinsi Jambi mengatakan, potensi masalah bisa terjadi bahkan sampai hari pemungutan suara.Saat ini pihaknya sedang melakukan pengawasan terhadap proses pemutakhiran data pemilih atau Coklit yang sedang berlangsung hingga 12 Agustus mendatang. Pemutakhiran data menurutnya adalah tahapan yang sangat krusial, karena menyangkut dengan hak pilih masyarakat.

“Kalau hak untuk memilih ini kacau, akan berpengaruh terhadap tahapan-tahapan lainnya, termasuk saat pemungutan suara. Bukan berarti tahapan lainnya tidak penting. Makanya dari awal, kami mengontrol semua proses yang berkaitan dengan daftar pemilih,” katanya.

Dia mengatakan, tentu banyak persoalan yang muncul namun bisa diakomodir hingga hari pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang. Karena banyak proses seperti Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT),  Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan lain sebagainya.Dia mencontohkan, untuk DPK misalnya masyarakat yang memusuhi syarat memilih, tapi tidak terdaftar di DPT. Yang bersangkutan bisa diakomodir dan bisa memilih dengan cara menunjukan KTP elektronik.”Potensi banyaknya pemilih yang tidak terdaftar, dan tidak memenuhi syarat masuk dalam DPT, potensi itu harus kita deteksi sejak dini,” katanya.

Selain itu, pemilih ganda juga menjadi persoalan rutin setiap Pemilu. Untuk itu pihaknya berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja ekstra. Pihaknya juga memastikan akan bekerja ekstra untuk memastikan hak pilih masyarakat terlindungi.”Ini setiap pemilu selalu ada. Karena memang kita mendata orang hidup, orang bergerak,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil turun ke lapangan untuk meninjau proses Coklit, pihaknya juga sudah menginventarisir potensi masalah.”Nanti kami akan merilis potensi-potensi masalah yang kami temukan. Rilis sehari atau dua hari setelah proses coklit selesai. Apa saja masalah yg ditemukan sepanjang tahapan Coklit ini,” tandasnya.

sumber : jambi one

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *