BKKBN PROVINSI JAMBI GELAR PUNCAK PERINGATAN HARGANAS

Dradio.id, Jambi – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menggelar peringatan puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020 di kantor BBKBN Provinsi Jambi, Senin (29/6). Acara di mulai dengan upacara dan dilanjutkan dengan pelayanan KB kepada masyarakat umum.

Turut hadir Gubernur Jambi Fachrori Umar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Sekda Provinsi Jambi, Drs.H Apani Saharuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Dra.Lutpiah, Plh. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Sri Banun Saragih dan tamu undangan lainnya.

Plh. Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Sri Banun Saragih menyatakan, BKKBN Provinsi Jambi menargetkan 11.903 peserta KB (akseptor) pada momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020, terdiri dari implant, IUD sebanyak 831 akseptor, suntik 3.702 akseptor, dan kondom/pil 6.560 akseptor.

“Jadi, dalam rangka Harganas ini, total pelayanan KB serentak secara nasional sebanyak satu juta akseptor dan target pelayanan KB serentak Provinsi Jambi sebanyak 11.903 akseptor,” ujar Sri Banun Saragih.

Sri mengatakan bahwa BKKBN juga memantau seluruh pelayanan KB di Kabupaten/Kota. “Hari ini (red: kemarin) kita melakukan pemantauan seluruh pelayanan KB di kabupaten/kota. Dan, pada Harganas ke-27 ini, seluruh pelayanan yang dilakukan hari ini dilaporkan secara online. Kami pun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan rapid test bagi peserta MOP. Kita optimis target 11.903 akseptor tercapai. BKKBN terus berupaya hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan ditengah pandemi Covid- -19,” jelas Sri Banun Saragih.

Sementara itu Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyempatkan untuk meninjau langsung pelaksanaan pelayanan KB gratis yang diselenggarakan di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi. Dalam kesempatan tersebut, gubernur menyaksikan setiap jenis pelayanan KB yaitu Metode Operasi Pria (MOP), pemasangan implant, IUD, suntik/pil, dan kondom. Fachrori menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mendukung program BKKBN utntuk meningkatkan kualitas keluarga.

“Pada peringatan Harganas ke-27 Tingkat Provinsi Jambi, BKKBN bertekad membangun cara dan semangat baru dalam mewujudkan keluarga berkualitas. Peringatatan Harganas ke-27 Tahun 2020 ini mengambil tema sentral BKKBN Baru dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir dalam Keluarga. Kampung KB yang telah dibentuk dan dicanangkan di Provinsi Jambi sebanyak 202 kampung KB yang tersebar di 11 kabupaten/kota,” ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi mendukung kegiatan KB serentak sejuta akseptor, karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat Jambi. Saya berharap semoga peringatan Harganas Tingkat Provinsi Jambi dapat dijadikan sebagai daya ungkit bagi sinergitas BKKBN dan Pemprov Jambi, TP PKK, serta Pemerintah Kabupaten/Kota, untuk membangun bangsa Indonesia yang sejahtera,” kata Fachrori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *