HARI INI, CORNELIS BUSTON, SYAHBANDAR DAN CHUMAIDI DI PERIKSA KPK

Dradio.id, JAMBI – Mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi Periode 2014-2019, Cornelis Buston (CB), akan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Susuai dengan surat panggilan, CB akan diperiksa pada hari ini, Selasa (23/6). Selain CB, dua mantan wakil ketua DPRD, AR Syahbandar dan Chumaidi Zaidi juga ikut dipanggil. Ketiga akan diperiksa sebagai tersangka kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018.

Penasehat Hukum CB, Heri Najib, ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan kliennya akan memenuhi panggilan KPK dan bersikap kooperatif. “Kita sudah di Jakarta. Besok (pemeriksaan) jam 10 di KPK,” ujarnya.

Lalu ketika ditanya bagaimana dengan dua tersangka lain, Syahbandar dan Chumaidi Zaidi, Heri mengaku tidak tahu. Karena dirinya memang tidak bertemu dengan kedua mantan  wakil DPRD Provinsi periode 2014-2019 itu. “Kalau itu saya dak tahu, karena memang tidak ketemu dengan mereka,” katanya.

Terpisah, Penasehat hukum Ar Syahbandar, Indra Armendaris  mengaku masih berada di Jambi. Rencananya, dia akan terbang ke Jakarta pagi ini (Selasa). “Sekarang masih di Jambi,” katanya, Senin malam.

Indra mengatakan pihaknya akan hadir memenuhi panggilan KPK yang memang sudah dijadwalkan hari ini. “Kalau dipanggil kita akan hadir,” ujarnya.

Sebelumnya, KPK melayangkan surat panggilan kepada enam tersangka kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018. Yaitu Cornelis Buston, AR Syahbandar, Chumaidi Zaidi. Ketiganya merupakan ketua dan wakil ketua DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019.

Selain tiga unsur pimpinan ini, KPK juga memanggil tiga anggota DPRD lainnya yang berstatus tersangka. Yaitu Tajuddin Hasan, Cek Man dan Parlagutan Nasution.

Juru bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri membenarkan pemanggilan 6 tersangka tersebut. “Benar penyidik KPK melakukan pemanggilan terhadap beberapa anggota DPRD Jambi periode 2014-2019 terkait perkara dugaan korupsi pengesahan RAPBD 2017-2018,” katanya Selasa (16/6) lalu.

Menurut dia, jadwal pemeriksaan para tersangka dibagi menjadi dua tahap. Yakni 23 Juni 2020 dan 30 Juni 2020. “Untuk hadir tanggal 23 Juni 2020 atas nama tsk CB (Cornelis Buston) dkk dan tanggal 30 Juni 2020 untuk tsk TH (Tadjuddin Hasan) dkk,” katanya.

KPK mengingatkan agar nama-nama yang dipanggil dapat memenuhi panggilan kewajiban hukum dengan mematuhi protokol kesehatan. “Tentu dengan tetap mematuhi aturan protokol pencegahan penyebaran wabah Covid 19,” pungkasnya.

sumber : jambione.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *