HARGANAS, BKKBN JAMBI TARGETKAN 11.093 AKSEPTOR

Dradio.id, Jambi – Untuk menyambu hari keluarga nasional ( Harganas) tahun 2020,  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menargetkan 11.093 peserta KB (akseptor). Peringatan Hari Keluarga nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 yang digelar 29 Juni mendatang.

Dalam rapat persiapan Harganas Provinsi Jambi yang digelar secara virtual meeting oleh BKKBN Provinsi Jambi, Rabu 10 juni 2020. Rapat dibuka langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Muhktar Bakti. Selain diikuti pejabat BKKBN Provinsi Jambi, rapat tersebut diikuti 197 orang terdiri dari Biro Kesramas Setda Prov Jambi, Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Pengurus Daerah IBI Provinsi Jambi, Dinas OPD KB Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi serta seluruh Koordinator PKB/PLKB se-Provinsi Jambi.

Dalam paparannya, Plt Kabid KB, Hj. Azazi KarimS.Pd, M.M mengatakan jika BKKBN pusat menargetkan untuk provinsi Jambi 11.093 akseptor terdiri dari implant.iud sebanyak 831 akseptor, suntik 3.702 akseptor dan kondom/pil 6.560 akseptor.

“Jadi dalam rangka Harganas itu total pelayanan KB serentak secara nasional sebanyak satu juta akseptor dan target pelayanan KB serentak Provinsi Jambi sebanyak 11.093 akseptor,” kata Azazi.

Rinciannya, Kota Jambi ditargetkan 556 akseptor, Kabupaten Muaro Jambi 1.950, Batanghari 770. Tanjungjabung Timur 1.055, Tanjungjabung Barat 590, Tebo 740, Bungo 1.185, Sarolangun 1.030, Merangin 1.150, Kerinci 1.685 dan Kota Sungaipenuh 382 akseptor. 

Adapun jenis pelayanan KB itu yakni KB baru, KB ulang dan KB ganti. Sedangkan tempat pelayanan yakni di Puskesmas, PMB, IMP, rumah Sakit/Falkes dan pelayanan KB bergerak. 

“ Dalam pencatatan dan pelaporan Pelayanan KB serentak ini kata Azazi dilakukan secara sistematis dan langsung dapat diterima oleh Tim Panitia Pusat pada hari yang sama. Pelaporan hasil pelayanan KB serentak akan dilakukan secara real time.”, kata Azizi.

Azizi juga menambahkan, nantinya dalam pelayanan tetap memperhatikan kondisi wilayah dan protokol kesehatan dalam masa pandemi COVID-19.

“seluruh peserta KB PP pada tanggal 29 Juni 2020 itu akan mendapat sertifikat elektronik dari Kepala BKKBN”, ujarnya.

Desain sertifikat KBPP yang sudah di tandatangani Kepala BKKBN akan disiapkan oleh BKKBN Pusat, selanjutnya Perwakilan BKKBN yang akan mendistribusikan kepada seluruh peserta KBPP.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Mukhtar Bakti mengatakan BKKBN terus berupaya hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan di tengah pandemi COVID-19. Kemudian dalam dalam memperingati Harganas, Mukhtar Bakti minta seluruh stake holder untuk terus menyosialisasikan program Bangga Kencana terutama rebranding program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *