3 ORANG POSITIF HIV/AIDS DI TEBO

Dradio.id, MUARA TEBO – Memasuki pertengahan tahun 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo mencatat setidaknya ada 3 orang penderita HIV /AIDS hingga Juni 2020 ini. Kadinkes Kabupaten Tebo, Dr Riyana menyebutkan angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019, yaitu 19 penderita HIV/AIDS.

“Ada penurunan dari tahun sebelumya. Memang belum ada yang tercatat meniggal karena HIV/AIDS, pada pertengahan tahun 2020 ini 3 orang yang teejangkit,” jelasnya.

Untuk menekan angka HIV/AIDS, Riyana mengatakan pihaknya tengah melakukan percepatan, yakni penderita diharap berani memeriksakan diri jika dianggap beresiko. “Jadi harus berani untuk melakukan pemeriksaan siapa pun yang mempunyai perilaku berisiko harus berani melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyakitnya lebih awal,” tambahnya.

Saat ini Dinkes Kabupaten Tebo sudah melakukan penanganan HIV/ AIDS masuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang memang harus dilakukan di setiap layanan kesehatan.

“Kami telah menyiapkan seluruh Puskesmas untuk bisa melakukan pemeriksaan pada orang-orang beresiko,kita juga sudah lakukan himbauan di seluruh puskesmas terkait bahaya penyakit HIV bagi ibu hamil,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *