BIAYA RAWAT 1 PASIEN COEONA BISA MENCAPAI RP. 50 JUTA

Dradio.id, JAMBI- Sudah lebih dari 3 bulan ini pemerintah dan masyarakat disibukkan masalah virus corona. Di Jambi sendiri, saat ini sudah 99 orang dinyatakan positif. 27 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Tapi mungkin banyak masyarakat yang belum tahu. Berapa sebenarnya biaya perawatan pasien positif covid-19 hingga sembuh. Dan dari mana sumber dana perwatannya? Berikut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati. 

Menurut Ida, biaya perawatan pasien virus corona jenis baru (COVID-19) ditanggung oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan.  “Satu pasien positif COVID-19 dirawat sampai sembuh membutuhkan biaya puluhan juta. Diperkirakan sekitar Rp 50 jutaan hingga sembuh,” kata Ida, kepada wartawan di Pasar Angso Duo, Jumat (5/6).

Menurut Ida, hitungan biaya tersebut berdasarkan lamanya pasien dirawat. Kemudian fasilitas yang digunakan, obat-obatan, hingga biaya makan pasien. 

“Jadi di sini pasien tidak mengeluarkan sedikitpun biaya. Yang bayar kementerian kesehatan. Jadi mekanismenya Kementrian Kesehatan bekerjasama langsung dengan rumah sakit. Contoh di Kota Jambi di RSUD Abdul Manap. Baik rapid test ataupun swab tidak bayar,” katanya.

Ida menambahkan, jika menggunakan ventilator, biayanya lebih mahal lagi. “Lebih dari Rp 50 juta,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *