SAIFUL DITANGKAP, GARA-GARA TAMPUNG EMAS PETI

Dradio.id, MUARA BUNGO – Tim gabungan dari Satreskrim Polres Bungo dan Polsek Pelepat, mengamankan dua keping emas diduga hasil Penambangan Emas tanpa Izin (PETI), dari tangan Saipul (39) warga Desa Tanjung Ilir, Kecamatan Tabir, pada Jumat (22/5) lalu.

Penangkapan terhadap Saipul ini, setelah pihak Reskrim Polres Bungo mendapatkan informasi dari Satreskrim Polres Merangin bahwa ada seseorang yang akan membawa emas hasil PETI ke Bungo.

“Dari hasil pengembangan, kita bekerja sama dengan Polsek Pelepat untuk melakukan penghadangan terhadap diduga pelaku penampung emas hasil PETI,” jelas Kasat Reskrim Polres Bungo, AKP Hendra Wijaya Manurung.

Setelah melakukan penyelidikan dan menyebarkan sejumlah personel di perbatasan, terlihat seorang pria menggunakan mobil HRV dengan nopil BH 1044 UW melintas dengan ciri-ciri dan yang diterima serta gerak-gerik mencurigakan.

Tak ingin kecolongan, mobil tersebut dibuntuti petugas dan dilakukan penghentian. “Saat digeledah badan yang bersangkutan, kita temukan plastik bening berisi dua keping emas dari saku baju. Jika diuangkan senilai Rp 245 juta,” beber AKP Hendra Wijaya Manurung.

Selain itu, petugas juga turut mengamankan barang bukti lainnya berupa satu mobil HRV beserta surat-suratnya, kunci kontak, satu telpon seluler. Kini Saipul telah diamankan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Perbuatan Pelaku dikenakan pasal tentang tindak pidana minerba dengan pasal 161 UU RI No 4 tahun 2009, ancaman penjara 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar,” pungkasnya.

sumber : jambi independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *