TAK HANYA COVID-19, BANJIR DAN LONGSOR JUGA ANCAM JAMBI

Dradio.id, JAMBI – Pada April ini, masyarakat Provinsi Jambi harus lebih berhati-hati. Pasalnya hujan lebat kerap terjadi, dan bisa menyebabkan banjir bandang serta tanah longsor di kawasan perbukitan.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi, memprediksi untuk tiga hari kedepan seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Jambi masih di guyur hujan sedang hingga lebat. Namun, untuk kali ini Jambi bagian Timur hanya terjadi potensi hujan lokal.

Kasi Data dan Informasi BMKG Provinsi Jambi, Kurnia Ningsih mengatakan untuk Jambi bagian Timur yang terdampak hujan lokal yakni Kota Jambi, Kabupaten Tanjab Barat, Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Batanghari.

“Kali ini hujan masih terus terjadi,tapi masih kategori sedang,” kata dia, Minggu (19/4). Lanjutnya, warga Jambi Bagian Barat harus lebih berhati-hati krena daerah perbukitan dalam tiga hari ke depan akan terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga bencana bisa saja terjadi begitu saja.

“Di sana malah seperti cuaca ekstrim, angin kencang disertai petir, terutama Kerinci dan Kota Sungai Penuh,” tambahanya. Sementara itu, untuk Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun hanya terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Ningsih juga menghimbau kepada masyarakat Provinsi Jambi untuk selalu berhati-hati dan waspada jika terjadi hujan. Selain banjir dan tanah longsor, kondisi jalan menjadi licin. Ningsih juga menyebutkan jangan ada yang parkir di bawah pohon rindang.

“Kita waspada saja, jangan sampai ada yang menjadi korban hilang atau tenggelam. Biasanya banyak rawan anak-anak yang main di tepian sungai saat terjadinya hujan,” tandasnya.

sumber : jambi independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *