2020, TARAWIH DIRUMAH, BELANJA DAN PASAR BEDUG ONLINE

Dradio.id, JAMBI – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah bersama, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Jambi akhirnya mengambil keputusan strategis terkait pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah.  Keputusan tersebut diantaranya meminta untuk umat Islam melaksanakan tarawih dirumah saja selama bulan ramadhan. Keputusan ini diambil, selain merujuk kepada Fatwa MUI dan Edaran Kementerian Agama, langkah taktis itu diambil guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Jambi.

Keputusan itu dituangkan dalam Keputusan Bersama yang ditandatangani oleh Wali Kota Jambi, Ketua DPRD Kota Jambi, Kajari Jambi, Ketua Pengadilan Negeri Jambi, Kapolresta Jambi, Dandim 0415/Batanghari, Dandenpom 2/II, Kakan Kemenag Kota Jambi, Ketua MUI Kota Jambi serta Ketua Dewan Masjid Kota Jambi.

Tidak hanya itu,  masyarakat juga diminta untuk melaksanakan tadarusan di rumah bersama keluarga. Sementara untuk peringatan Nuzulul Quran cukup dilakukan dengan mengingatkan momentumnya serta mengambil hikmahnya dalam penguatan diri menjadi pribadi yang Qurani.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak mengadakan kegiatan buka bersama yang dapat mengumpulkan orang banyak. Kemudian meminta ummat muslim yang akan mengeluarkan zakat, sebaiknya dilakukan sebelum bulan suci ramadhan, mengingat masyarakat sangat membutuhkan dalam suasana sulit saat ini. “Semua keputusan yang kami ambil secara bersama-sama ini adalah untuk kemaslahatan kita bersama,” ujar Wali Kota Syarif Fasha.

Sementara itu, untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri, pemerintah daerah masih menunggu keputusan dari Kementerian Agama dan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia terkait dengan panduan pelaksanaannya.

Dalam rapat bersama yang berlangsung Selasa (14/4) di Posko Gugus Tugas (Task Force) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jambi itu juga disepakati keputusan meniadakan gelaran Pasar Bedug di tempat umum. Pelaksanaan pasar bedug diimbau dilakukan secara daring atau online.

“Kami mohon maaf kepada pedagang makanan, di Kota Jambi untuk bulan Ramadhan 1441 Hijriah tahun 2020 ini Pasar Bedug kita tiadakan dan akan diganti dengan pasar bedug online,” kata Fasha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *