TIDAK ADA MASA PERPANJANGAN PENDAFTARAN PPK

Dradio.id, Jambi – Pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah ditutup pada Jumat (24/1) lalu. Peminat PPK ini cukup banyak, berjumlah ratusan setiap kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. Begitu juga di Kota Jambi, hingga penutupan pendaftaran, tercatat 346 orang mendaftar. Mereka adalah gabungan pendaftar dari 11 Kecamatan yang ada di Kota Jambi.

Abdul Rohim, Komisioner KPU Kota mengatakan, jumlah tersebut sudah memenuhi kuota persyaratan minimum untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.Karena untuk satu Kecamatan, minimal harus ada 10 pendaftar PPK.”Jumlah total yang mendaftar sebanyak 346 orang,” katanya.

Semula, pada satu hari menjelang pendaftaran ditutup, dikhawatirkan ada satu Kecamatan yang tak memenuhi jumlah minimum pendaftar. Yakni Kecamatan Pasar, yang hanya memiliki pendaftar sebanyak enam orang pada satu hari menjelang pendaftaran ditutup. Namun, pada hari terakhir pendaftaran, jumlah tersebut bertambah menjadi 13 orang.

“Semua memenuhi kuota dua kali lima orang mendaftar setiap kecamatan. Sehingga, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran,” katanya.

Rohim mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian administrasi masing-masing calon PPK. Dia menyebutkan, setelah dilakukan penelitian administrasi, maka mereka yang lolos penelitian administrasi, akan diumumkan melalui media sosial. “Saat ini sedang dilakukan penelitian administrasi. Besok diumumkan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, proses rekrutmen PPK ini sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Masing-masing kecamatan, akan ada lima orang PPK. Namun, di setiap kecamatan, harus ada 10 orang pendaftar untuk diseleksi. Jika kuota jumlah minimal pendaftar tersebut tidak terpenuhi, maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari.

Anggota PPK ini akan terlibat dalam penyelenggaraan Pilgub 2020 ini. Mereka diperkirakan akan dilantik pada Maret mendatang, dengan masa kerja paling lama sembilan bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *