CALON PERSEORANGAN, KPU : BELUM ADA INFO ATAUPUN YANG KONSULTASI

Dradio.id, JAMBI – Hingga saat ini, Komisi Pemeilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi belum menerima informasi ataupun konsultasi dari pihak yang mencalonkan diri melalui jalur perseorangan, untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 ini. Hal ini disebutkan oleh M Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Senin (13/1).

Dia mengatakan, penyerahan berkas persyaratan calon perseorangan ini, baru digelar pada 18-20 Februari mendatang. Saat ini, calon perseorangan baru di tahap menyerahkan mandat kepada KPU Provinsi Jambi melalui operator.

“Baru tahapan penyerahan mandat dari calon perseorangan ke KPU,” katanya.
Setelah itu, lanjut Sanusi, Bakal Calon Gubernur (Bacagub) tersebut harus mengimput data semua dukungan yang disyaratkan tersebut ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Yang syarat dukungan 210.431 jiwa itu harus diinput datanya semua ke Silon. Itu lengkap, sesuai dengan KTP data yang dimasukkan. Setelah itu, baru tanggal 18020 Februari, diserahkan berkas dalam bentuk fisik dan wajib juga dibaerngi dengan Silon,” katanya.  

Disebutkannya, hingga saat ini belum ada Bacagub perseorangan yang mendatangi KPU Provinsi Jambi untuk meminta username Silon. Dia juga mengaku belum ada yang berkonsultasi mengenai rencana pencalonan lewat jalur perseorangan tersebut.

Ditanyakan, apa prediksi KPU Provinsi Jambi terhadap calon perseorangan ini, Sanusi mengaku tidak bisa memberikan prediksi. Diapun mengaku, KPU tidak bisa memantau apakah calon perseorangan sudah mengimput data di Silon setelah mengambil username atau belum.

“Yang jelas, mereka ambil username, kemudian diinput atau tidak, kita tidak bisa pantau. Untuk di KPU Provinsi Jambi, belum ada yang ambil username. Baru di Tanjab Timur yang sudah ambil username, tapi apakah sudah diinput atau belum, tidak bisa terpantau,” paparnya.

Sementara itu, selain di Tanjab Timur, di Tanjab Barat kemungkinan ada satu kandidat yang akan menempuh jalur perseorangan ini. Yakni Abu Bakar Jamalia (ABJ) yang merupakan mantan anggota DPD RI. Meski belum mengambil username ke KPU, namun ABJ diketahui sudah mengantongi puluhan ribu KTP dukungan.
 
Hal ini disampaikan oleh Putra Agung, Direktur Media Center ABJ. Menurutnya, saat ini masih tahap pengumpulan dukungan.
“Sekarang sudah terkumpul 21.400 lebih dan tersebar lebih di 50 persen kecamatan,” katanya.
Ia mengakui, pihaknya belum mengambil username di KPU karena masih harus menentukan pasangan. Karena untuk mengambil username sudah harus dengan pasangan.

“Untuk pasangan sendiri ada dua nama yang menjadi target,” ujarnya.
Disinggung siapa sosok dua nama tersebut, ia enggan membeberkannya. Hanya saja kata dia, kedua nama tersebut terdiri dari kalangan pengusaha dan politisi. Saat ini lanjut Agung, pihaknya tengah melakukan survei.

“Siapapun yang tertinggi, maka itulah yang akan jadi pasangan. Baru lah kita akan ke KPU untuk mengambil username,” pungkasnya. 

sumber : jambi independet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *