LAHAN PERTANIAN TERUS BERKURANG

Dradio.id, JAMBI – Saat ini, kondisi pertanian di Kota Jambi hanya mampu menyumbang 20 persen kebutuhan pangan di Kota Jambi. Bukan tanpa sebab, hal ini dipengaruhi dengan ketersedian lahan pertanian di Kota Jambi.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Wakil Wali Kota Jambi, Maulana usai membuka kegiatan temu lapangan petani, penyuluh dan peneliti pada kelompok Tani Rizki di Rt 28, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Paal Merah, Kamis (28/11).

Dikatakannya, ketersediaan lahan pertanian menurun karena banyaknya pengembang property perumahan dan lainnya. Selain itu juga dikarenakan karakteristik perkotaan di seluruh Indonesia. Maka dari itu, temu lapangan ini sangat perlu dilakukan untuk mencari solusi terhadap kebutuhan pangan itu sendiri.

“Kita juga menggariskan program prioritas petani dan meningkatkan produktifitas petani. Antara lain yakni, memabngun infrastruktur akses-akses sentra-sentra pertanian yang ada di Kota Jambi,” beber Maulana.

Kemudian membantu penerapan teknologi tepat guna, sehingga dibutuhkan adanya peneliti yang dapat memberikan penyuluhan kepada para petani. “Kita tahu lahan di Kota Jambi sangat sempit, sehingga memang perlu teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktifitas petani,” timpalnya. Lalu memberikan bantuan akses permodalan dan peralatan kepada para petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *