Akibat Kabut Asap Semakin Parah, Siswa SMA Masuk Siang

Dradio.id, JAMBI – Kondisi udara di Provinsi Jambi beberapa hari belakangan ini memburuk. Kabut tebal menyelimuti sehingga membuat aktifitas di luar rumah mejadi terganggu. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan berdasar data ISPU terpantau di Kota Jambi tanggal 12 September 2019 pukul 15.00, kondisi udara berada pada katogori tidak sehat untuk parameter PM 10.

“Jumat 13 September 2019, siswa SMA/SMK/SLB Kota Jambi masuk sekolah pukul 09.00 pulang 11.00. Untuk wilayah kabupaten lain menyesuaikan dengan kondisi udara wilayah setempat. Sementara untuk hari selanjutnya menunggu perkembangan kondisi udara,” katanya.

Kepala Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB bersama Pengawas Pembina diminta aktif memantau informasi perkembangan kondisi kualitas udara di BLHD/DLHD/Dinas Kesehatan Kab/Kota setempat.

Kemudian disarankan mengurangi aktivitas diluar ruang kelas, menggunakan masker pelindung, tidak melakukan pembakaran sampah dan lahan. “Serta menginformasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah dan lahan yang dapat memperburuk kondisi udara,” katanya.

Dia juga menghimbau agar masyarakat khususnya warga satuan pendidikan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, menyiapkan dan mengecek kondisi ruang UKS beserta perlengkapannya sebagai Ruang Pemulihan.

Selanjutnya jika kondisi kualitas udara membahayakan peserta didik, Satuan Pendidikan bersama pengawas pembina dapat membuat keputusan untuk meliburkan siswa atau memperlambat jam masuk sekolah. “Ketika siswa diliburkan, siswa diberi tugas. Guru dan TU tetap masuk,” paparnya.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *