26 Titik Kebakaran Selama Agustus, Dominan di Daerah Tapal Batas

Dradio.id – Musim kemarau menyebabkan banyak lahan mengalami kekeringan, sehingga mudah terbakar. Kebakaran lahan di Kota Jambi hingga saat ini sudah mencapai 76 kasus.

Disampaikan Ridwan Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Jambi, telah terjadi kebakaran sebanyak 26 titik selama bulan Agustus. “Kebakaran lahan kering dari data ada 26 titik dari Agustus,” kata Ridwan.

Lanjutnya, 26 titik kebakaran yang terjadi tersebut berada di perbatasan antara Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi. “Untuk daerah tapal batas antara Muaro Jambi dan Kota Jambi,”katanya.

Ridwan juga mengatakan bahwa kebakaran lahan yang terjadi tersebut masih dapat diatasi, dari 76 kasus kebakaran yang terjadi di Kota Jambi, yang paling banyak terjadi pada bulan Agustus adalah kebakaran pada lahan kering.

Untuk luas lahan yang terbakar, saat ini belum dapat diperkirakan berapa luasnya. Sebab setiap lahan yang terbakar tersebut mempunyai luas yang berbeda-beda.

“Kalau untuk berapa hektarnya, belum bisa kita tafsir, karena ada 1 hektar, 2 hektar, 3 hektar bahkan ada yang 5 hektar di perbatasan antara Muaro Jambi dan Kota Jambi,” terangnya.

Dikatakan ridwan bahwa dari  76 kasus kebakaran tersebut terjadi sejak bulan Januari hingga Agustus, adapun penyebab kebaran adalah adanya masyarakat yang membakar sampah sembarangan dan membuka lahan untuk bercocok tanam.

“76 kasus itu terjadi dari bulan Januari, kebakaran lahan itu terjadi karena masyarakat itukan ingin praktis ada yang membakar sembarangan, bakar sampah kena daerah lahan kering, mereka membakar untuk membuka lahan yang akan ditanami,” pungkasnya.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *