Van Dijk Pemain Terbaik Eropa 2018/2019

Dradio.id – Nama harum Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nampaknya tak mampu mendominasi untuk menjadi pemain terbaik Eropa 2018-2019. Terbukti, hal itu setelah, UEFA mengumumkan bahwa Pemain Terbaik Eropa 2018-2019 jatuh pada Virgil van Dijk.

Ya, pengumuman terpilihnya pemain bertahan Liverpool itu sebagai pemain terbaik Eropa musim 2018-19 tersebut dilakukan di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (29/8) sore waktu setempat usai acara drawing fase grup Liga Champions 2019/2020. Liga Champions 2019/2020.

sebelum Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut nama Van Dijk sebagai pemenang award tersebut. Tiga kandidat duduk di barisan terdepan, yakni Messi Ronaldo dan Van Dijk.

Seperti dilaporkan UEFA, Virgil van Dijk sendiri dianggap layak meraih penghargaan Pemain Terbaik Eropa, karena penampilan memukaunya pada musim lalu. Ya, Van Dijk berhasil membawa Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions musim lalu.

Van Dijk tampil cukup impresif pada musim lalu. Di ajang Liga Champions, dia mencetak dua gol, dua assist, dan membuat Liverpool mencatatkan lima clean sheet dari 12 pertandingan yang dijalani.

Trofi pemain terbaik itu jadi milik Van Dijk tidak saja karena gelar Liga Champions yang didapatnya, tetapi juga lantaran mengantarkan timnas Belanda menjadi runner-up UEFA Nations League. Belanda menjadi runner-up setelah kalah tipis 0-1 dari Portugal. Selain itu, Van Dijk juga berandil besar mengantarkan Liverpool finis runner-up Premier League.

Van Dijk jadi pemain Belanda yang memenangi penghargaan ini dan pemain Liverpool kedua setelah Steven Gerrard pada 2005. Bagi Van Dijk, trofi ini menambah panjang daftar penghargaan individu yang diraihnya.

Dinobatkannya Van Dijk sebagai pemain terbaik Eropa musim 2018/19, memupuskan harapan wakil Presiden Juventus, Nedved yang sangat berharap Ronaldo yang bakal membawa pulang gelar tersebut. Sayangnya, hasilnya tak sesuai denga harpan.

“Sejujurnya, saya juga berharap kemenangan Ronaldo menjadi pemain terbaik tahun ini, namun sayangnya itu tidak seperti yang diinginkan,” tutur Nedved seperti dikutip dari situs resmi klub.

Sebelumnya, Van Dijk yang merupakan pemain berusia 28 tahun yang juga mantan pemain Southampton itu dinobatkan sebagai Bek Terbaik Liga Champions 2018-2019, PFA Players’ Player of the Year 2018-2019, dan Premier League Player of the Season.

Selain Van Dijk, kiper Liverpool Alisson juga dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik musim 2018/19. Sama halnya dengan Van Dijk, Alison juga mampu tampil gemilang mengantarkan Liverpool juara Liga Champions 2018/19. Tercatat, kuatanya pertahanan Van Dijk dan kawalan Alisson membuat Liverpool hanya kebobolan 12 gol dari 13 pertandingan.

Selain Liverpool, Barcelona juga menempatkan dua pemainnya di dalam penghargaan tersebut. Ya, mereka adalah Lionel Messi dan Frenkie de Jong. Lionel Messi dinobatkan sebagai penyerang terbaik Eropa. Meski gagal membawa Barcelona juara Liga Champions musim lalu, namun Messi tampil gemilang dengan mengoleksi 12 gol di kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut. Pernghargaan ini menjadi yang kedua diraih Messi, setelah sebelumnya ia mendapatkan trofi yang sama pada musim 2008/09.

Sedangkan, De Jong dinobatkan sebagai gelandang terbaik. Penghargaan menjadi milik De Jong saat bermain untuk Ajax Amsterdam di musim lalu. Pada musim 2018/2019 De Jong termasuk ke dalam gelandang yang bermain impresif. Pemain 22 tahun itu mengantarkan Ajax ke semifinal Liga Champions sebelum disingkirkan Tottenham.

Selain Van Dijk, UEFA juga menganugerahkan gelar pemain terbaik wanita UEFA 2018-19 kepada bek kanan Lyon asal Inggris, Lucy Brown. Dengan menyingkirkan rekan setimnya di Lyon, Ada Hegerberg dan Amandine Henry menjadi pemain terbaik wanit Eropa 2018/19.

Brown yang sangat berjasa membawa Lyon menjuarai Liga Champions wanita musim lalu menjadi sosok asal Inggris pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *