Hari Pertama Operasi Patuh 2019 Puluhan Surat Tilang Dilayangkan

Dradio.id – Dalam rangka cipta kondisi, Satuan Tugas (Satgas) Penegak Hukum (Gakkum) Polres Sarolangun melaksanakan operasi mandiri kewilayahan patuh 2019, terhitung mulai Kamis (29/8) hingga 14 hari ke depan. Pada hari pertama pelaksanaan operasi, sebanyak 35 pengendara terjaring razia.

Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana melalui Kasatlantas, Iptu Angga mengatakan, pelaksanaan operasi patuh ini dilakukan secara serentak sesuai instruksi Kapolda Jambi, menindak lanjuti instruksi Kapolri. Khusus untuk wilayah hukum Polres Sarolangun, operasi di hari pertama dilakukan di Jalan Lintas Sumatera Kilometer 01 dimulai pada pukul 13.00-16.00.

“Untuk lokasi operasi tepat di depan Polsek Kota Sarolangun,” katanya, Kamis (29/8). Dalam operasi hari pertama, sebanyak 11 personel diturunkan untuk melakukan razia, dengan sasaran operasi sebanyak delapan prioritas utama. Yakni untuk pengendara roda empat dan dua.

“Untuk razia hari ini, sebanyak 25 pengendara roda dua yang terjaring. Dan 10 untuk pengendara roda empat,” terangnya.

Lanjut Iptu Angga, dari total pengendara yang terjaring razia, yang diberikan penindakan tilang sebanyak 25 lembar. Sedangkan penindakan teguran sebanyak 10 lembar.

“Bagi yang terkena penindakan tilang maka akan mengikuti proses selanjutnya. Yakni seperti tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), kenderaan tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kenderaan (STNK) dan lain sebagainya,” ujarnya.

“Kalau untuk yang mendapat penindakan teguran, yakni pengendara yang dokumen kendaraan dan mengemudinya lengkap, hanya saja mereka melakukan kesalahan kecil. Dan kita lihat dulu unsur kesalahannya seperti apa, jadi tidak bisa langsung dikenakan tilang,” sambungnya.

Lanjutnya, dengan adanya operasi patuh ini, diharapkan para pengendara di Sarolangun ataupun dari luar daerah bisa melengkapi dokumen kendaraan dan syarat mengemudi. Ini bertujuan untuk menertibkan pelanggar lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan umum.

“Kita ingin pengendara tertib, semua dokumen lengkap dan jadilah pengendara yang patuh terhadap aturan yang berlaku. Dengan begitu, keselamatan berlalu lintas akan tercapai,” tuntasnya.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *