TINJAU KEBAKARAN LAHAN, FACHRORI : HATI-HATI DENGAN API

Dradio.id, JAMBI –¬†Gubernur Jambi Fachrori Umar meninjau dan turut serta melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjab Timur, Jumat(23/8).

Fachrori didampingi Staf Ahli Bupati Tanjab Timur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Imron TB, Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah, Tim Pemukul Api, TNI dan Polri, serta masyarakat yang ikut terlibat melakukan pemadaman api.

“Api ini bisa meluas dan membakar tempat lain dan ini perlu diwaspadai untuk segera dipadamkan,” ungkap Fachrori. Dia Dia menegaskan, kebun atau lahan rawan terbakar pada musim kemarau. Diperlukan upaya bersama terutama masyarakat sekitar, untuk segera menginformasikan atau melakukan tindakan pemadaman.

“Masyarakat yang berkebun harus hati-hati terhadap api,” ujar Fachrori. Dia mengapresiasi upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan, yang dilakukan oleh tim terpadu. Dirinya berharap serta berpesan, agar semua personil tim terus bisa melakukan tugas sebaik-baiknya.

Sementara itu, Bachyuni Deliansyah mengaku sudah menempatkan personel pemukul api serta bantuan tim dari TNI Polri. “Sudah empat hari tim di sini dan luasan lahan yang terbakar 30 hektare lebih,” kata Bayu-sapaannya. 

Dia mengatakan, water bombing juga dilakukan guna memadamkan api yang menghanguskan lahan gambut, dengan kedalaman melebihi 5 meter. “Satu sortie water bombing (tumpah air mendadak) durasi tiga jam dengan kapasitas 4-5 ton sekali angkut,” jelas Bayu. 

Sementara Kades Desa Catur Rahayu, Suprianto menjelaskan, kebakaran bermula di satu titik lahan pada hari Senin siang, yang telah diketahui masyarakat.

“Akses sulit dan kemampuan peralatan yang tidak memadai menyebabkan api cepat membesar. Kedatangan personil MPA, Manggala Agni, BPBD, TNI Polri membantu pemadaman sampai hari ini masih bekerja,” ungkap Kades Catur Rahayu. 

sumber : jambi independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *