Fasha Harap Bimtek dari PPATK RI Dimanfaatkan oleh Peserta

Dradio.id – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menghadiri Bimbingan Teknis Prinsip mengenali pengguna jasa dan tata cara pelaporan bagi koperasi yang melakukan kegiatan simpan pinjam (KSP) dan perusahaan properti, di Swissbell Hotel, Kamis, (22/8).

Dalam sambutannya, Fasha mengatakan hampir setiap negara memiliki lembaga pengawas keuangan. Untuk itu, Fasha berharap pelaku usaha di Jambi dapat mengenali pengguna jasa dengan benar.

“Saya harap peserta mengikuti bimtek ini dengan baik dan benar. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat buat kita semua,” ujarnya.

Dirinya berharap agar Bimtek ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat, untuk menghadapi tantangan ke depannya. “Supaya dapat bagaimana pelaku-pelaku usaha jangan sampai nanti ada yang namanya terkait dengan TPPU,” katanya.

“Apakah untuk penyimpanan, investasi atau dari usaha dan perbankan. Megiatan ini jarang dilakukan, biasanya kita yang datang, tapi hari ini sudah datang ke kota Jambi, ikuti karena kegiatan ini belum tentu diikuti lagi, manfaatkan dengan sebaik mungkin,” tandasnya.

Deputi bidang pencegahan PPATK Muhamad Sigit mengatakan, kejahatan pencucian uang saat ini sudah melibatkan keluarga pelaku.

“Kejahatan pun juga bisa disalurkan melalui keluarga, bisa melibatkan menantu, mertua dan lainnya. Oleh karena itu, nanti dengan apa-apa yang diberlakukan melalui laporan analisis perusahaan properti dan simpan pinjam ini juga dapat memberikan pemahaman pada bapak ibu untuk terhindar dari pemanfaatan usaha yang bapak ibu jalankan, sebagai sarana pencucian, karena pelaku kejahatan terus mencari celah,” kata dia.

Dirinya juga mengatakan kegiatan ini dilakukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. “Jambi merupakan kota yang kesekian, jadi kami juga berterima kasih dengan Pak Wali dan dinas terkait karena telah memberi kesempatan untuk melaksanakan Bimtek ini,” kata dia.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *