Sekda Terima Pesan Singkat Mentri LHK Tanyakan Soal Kabut Asap di Jambi

Dradio.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa provinsi pulau Sumatera ternyata sudah dirasakan oleh negara tetangga, seperti Malaysia. Ini disampaikan oleh Sekda Provinsi Jambi, M Dianto, Senin (5/8).

Dianto mengatakan, dirinya mendapat pesan singkat dari Menteri Lingkungan dan Kehutanan (LHK) terkait beredarnya pemberitaan media lokal Malaysia mengenai kabut asap di negara tersebut. Menurut Sekda, Menteri LHK meminta perhatian lebih terkait karhutla yang terjadi di Jambi.

“Saya tadi pagi dapat pesan langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang menyampaikan bahwa hari ini di media yang beredar di Malaysia beberapa provinsinya sudah kehadiran asap dari Indonesia,” kata dia.

Provinsi tersebut seperti, Kuala Lumpur, Trenggano, Putra Jaya, Johor dan beberapa daerah sudah terpapar. “Artinya kalau asap sudah nyebrang ke negara tetangga adalah asap yang kemungkinan berasal dari provinsi di sumatera,” tambah sekda.

Lanjutnya, untuk membahas karhutla ini, Provinsi Jambi diundang Kemenko Polhukkam pada Selasa, (6/8). “Menteri LHK meminta atensi dari Gubernur Jambi, apa langkah-langkah yang kita perbuat dengan sudah sampainya asap tadi di negara tetangga. Kemudian juga besok (6/8) seluruh Gubernur, Danrem dan Kapolda diundang oleh menteri koordinator Polhukam di Jakarta,” tandasnya.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *