Kejurnas Dayung di Danau Sipin Jambi Resmi dibuka

Dradio.id – Kejuaraan nasional dayung antar PPLP, PPLPD, dan SKO se Indonesia resmi dimulai di Danau Sipin, Kota Jambi, Rabu (23/7). Kejuaraan Nasional Dayung ini akan berlangsung selama 5 hari, hingga Minggu (27/7). Diketahui, Danau Sipin Jambi terpilih menjadi tuan rumah karena atlet provinsi Jambi menjadi juara umum lomba dayung di Bau-bau. Sekira 163 atlet dayung ikut bertarung dari seluruh kontingen yang ada di Indonesia.

Sekretaris PB Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Brata Hardjosubroto mengatakan, kejuaraan ini menghadirkan atlet dayung dari seluruh Indonesia. Dirinya berharap agar semakin tinggi prestasi olahraga dayung, sehingga dapat meraih medali emas, pada kejuaraan-kejuaraan regional dan internasional yang akan datang. “Kejuaraan ini tentu punya efek peningkatan prestasi, rekreasi dan juga ekonomi. Sehingga kami PB PODSI sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang sudah menjadi tuan rumah dan panitia,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori umar mengatakan momentum olahraga ini perlu ditingkatkan. Sehingga diharapkan mampu mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik. “Disini ada bibit-bibit muda atlet diharap akan ajang ini sebagai wahana silaturahim dan menjalin persahabatan, serta bertukar informasi dan pengalaman antar sesama atlet dayung pelajar se Indonesia,” katanya.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Raden Isnanta mengatakan bahwa sebagai negara maritim, olahraga air termasuk dayung harus semakin dikuatkan. Menurtnya pasca kejuaraan ini akan kembali dipantau mana atlet yang berprestasi. “Sehingga nanti dapat diorbitkan minimal tingkat Asia, itu sudah menjadi target harga mati pemerintah,”ujarnya. Sebagai tuan rumah, dirinya berharap provinsi Jambi semakin banyak melahirkan atlet dayung. Apalagi menurutnya sudah ada wahana untuk melakukan olahraga dayung.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang turut mendampingi Gubernur Jambi dan Deputi melepas pembukaan Kejurnas dayung mengatakan, terpilihnya Jambi sebagai tuan rumah gelaran Kejurnas dayung merupakan prestasi yang sangat luar biasa dan membanggakan. Dia berharap, jika berbicara dayung, masyarakat Indonesia akan mengingat Jambi. Bahkan, tahun ini Pemkot Jambi akan menganggarkan peralatan dayung.

“Pemkot Jambi tahun ini menganggarkan untuk perlengkapan peralatan dayung, air Danau Sipin juga akan kita tingkatkan debitnya, kita berharap agar nantinya kejuaraan internasional bisa dilakukan di Danau Sipin. Kemudian juga (28/7) ini atlet dayung Kota Jambi mewakili Indonesia akan bertanding di internasional, di Tiongkok, RRC,” tandasnya.

SUMBER : Jambi Independent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *